Laman

Rabu, 11 Desember 2013

Internasionalisasi Statusisasi.. (Keep Learning)

Internasionalisasi Statusisasi Masyarakat Kota Salatiga..!

Aku mengambil kata-kata ini dari seorang sahabatku..
Civilization..!!!
.. walaupun sahabatku ini pasti tidak setuju sih kalau aku ini kurang ter-sifilis-sasi ..
:D

Dipikir-pikir aku belum pernah menulis satu artikel apapun in English ya..
Okay, aku akan coba tulis..!


What skills do you need to succeed in 21st century?
1. Keep learning
- Ten years ago, there was nobody that use smartphones and social media to reach new customers.
- In the past, you just asked your uncle to get you a job in his company.
--> Do the success people in this century still do like they did in the past?
- Business guru Heinz Landau suggests that we spending 10% of our time on personal improvement
a. Learning a language
b. Learning a new computer programme, etc.
- As somebody once said, "if you work hard on your job, you can make a living. but if you work hard on your self, you can make a fortune"
 --> This sentence recalls my memory about what my teacher said in the highschool:
"if you "easy" on the world, the world will be hard on you"
"but if you "hard" on yourself, the world will be easy on you"
- Mr. Cecep Iskandar, one of the Biology Teacher of SMA Taruna Nusantara -

2. Don't be afraid of failure
3. Learn how to manage your time
4. Be discreet!
5. Build up a social network

inspirated by: Henry Cottam's course material
(don't know what book that he uses)

to be continued..

Kamis, 28 November 2013

Idiomatische Redewendung

I feel i'm alive..

1. Möchtest du die Flinte ins Korn werfen?
Flinte = senjata
Korn = ladang
Tentara membuang senjata ke ladang, kemudian lari..
 => Menyerah

2.  Du trägst die Eulen nach Athen/
Eulen = burung hantu
Athen = athena
Burung hantu udah ada banyak di Athena, karena dijadiin gambar uang koin di sana ..
=> Melakukan pekerjaan yang sia-sia
Synonym: Du wirfst das Salz ins Meer (bagai menggarami laut)



Selasa, 26 November 2013

Dibutuhkan Karyawan

Dibutuhkan Karyawan
1. Teknisi Mobil
2. Tenaga Cuci Mobil
3. Styles/ Kapster

Syarat:
- Pria/ Wanita
- Usia 18-28 tahun
- Pendidikan di bidangnya
- Berpengalaman lebih diutamakan
- Bisa berkomunikasi dengan baik

Lamaran ke Bengkel Dadi Langgeng
Jl. Patimura 111A, Salatiga

Jumat, 15 November 2013

PBS = Psychosoziale Beratungsstelle

Wie gesund und leistungsfähig fühlen Sie sich gegenwärtig?

Wie gut kommen Sie gegenwärtig mit sich selbst zurecht?

Wie gut kommen Sie gegenwärtig mit anderen zurecht?

Wie zufrieden sind Sie gegenwärtig mit Ihrem Leben?

Wie zufrieden sind Sie mit Ihren gegenwärtigen Studienleistungen?

Wie zufrieden sind Sie gegenwärtig mit Ihrer persönlichen Studiensituation?

Wie zufrieden sind Sie gegenwärtig mit den Rahmenbedingungen Ihres Studiums?

...


sehr unzufrieden oder sehr zufrieden?

Danke Ihnen,
Prof. Dr. med. Rainer M. Holm-Hadulla
Psychosoziale Beratungsstelle (PBS) Heidelberg

Jumat, 08 November 2013

Mahasiswa-Mahasiswa Ini Menjadi Juara Dunia di Laboratorium Genetika

Der untenstehende Text ist eine Übersetzung von einem Artikel auf www.faz.net (Frankfurt Allgemeine Zeitung)
Teks di bawah ini merupakan terjemahan dari artikel di www.faz.net (Kompas-nya Jerman)


"“Emas” di Heidelberg
Mahasiswa-Mahasiswa Ini Menjadi Juara Dunia di Laboratorium Genetika

06-11-2013
Siapa yang tertarik dengan rekayasa genetika? Mungkin memang hanya sedikit yang tertarik, tetapi generasi penerus kita sekarang (di sini: orang Jerman - red) sedang berada di puncak dunia. Pada kejuaraan dunia iGEM (International Genetically Engineered Machines) yang diselenggarakan di MIT, tim dari Jerman telah mampu berbicara banyak, tim dari Universitas Heidelberg bahkan memperoleh medali emas.

The philosopher’s stone” atau batu bertuah ternyata benar-benar terbukti khasiatnya – dan pada proyek bernama samalah sebuah penghargaan akan kecemerlangan diberikan, sebuah proyek tentang emas. Untuk pertama kalinya, mahasiswa-mahasiswa Universitas Heidelberg ini menjadi juara dunia di bidang Biologi Sintetik. Tidak hanya itu, dalam kejuaraan bergengsi bernama iGEM yang diselenggarakan di Massachussets Institute of Technology (MIT) Boston itu, yang sejak 9 tahun yang lalu telah mulai mencari bibit-bibit peneliti muda yang unggul, tim dari Jerman yang lainnya juga mampu memperoleh pencapaian berikut: Dari 6 finalis di kejuaraan itu (dari total 204 tim yang ikut serta), kelimanya berasal dari Eropa, sedangkan satu lainnya berasal dari Cina. Tiga dari 5 tim yang berasal dari Eropa itu berasal dari universitas-universitas di Jerman: TU München berada persis satu level di bawah peringkat Heidelberg dengan “Filter-Physco” dari tumbuhan lumutnya. Di kejuaraan mahasiswa di atas 24 tahun (mahasiswa tingkat magister), tim dari Universitas Bielefeld berhasil mendapatkan medali perak dengan "batere biologi" dari bakterinya. Beberapa waktu yang lalu mereka memang telah lolos seleksi dari penyisihan kompetisi iGEM tingkat Eropa yang diadakan di Lyon, Perancis. Tim-tim lain yang mengikuti kejuaraan ini antara lain tim dari Stanford, MIT, Imperial College, atau ETH Zürich, begitu juga dengan talenta Asia seperti Peking University dan Tokyo Institute of Technology.
 
Foto tim dari Heidelberg, pemegang trofi “Bio-Brick” 2013,
bersama pembimbingnya, Prof. Roland Eils (kedua dari kiri)

International Competition of Genetically Engineered Machines”, jika kita perhatikan dengan seksama, sebenernya akan sulit dipercaya kalau penelitian Jerman akan hal ini memegang peran yang penting di dunia. Rekayasa Genetika, sebagai konsep dasar dari Biologi Sintetik tidak mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat di Jerman. Para peneliti di bidang ini ditolak secara radikal, begitu juga hal tentang rekayasa genetika ini sering dipertanyakan resikonya oleh masyarakat. Orang-orang tidak ingin tahu apakah ilmu ini bisa menciptakan obat-obatan baru, tidak tertarik terhadap kemungkinan proyek bioteknologi yang ramah lingkungan, apalagi di bidang pangan, di mana rekayasa genetika merupakan sebuah hal yang tabu. Kebanyakan dari mereka yakin, bahwa rekayasa genetika tidak boleh diterapkan sama sekali dalam memproduksi makanan. Banyak negara bagian yang menyuarakan bahwa di negara bagian mereka adalah bebas dari rekayasa genetika, demikian kata pemimpin negara bagian Bavaria, Horst Seehofer.

Akan tetapi, syukurlah bahwa di beberapa lingkungan yang memang kurang bersahabat bagi makhluk hidup, ada beberapa tanaman yang diperbolehkan oleh pemerintah/ kementerian pertanian untuk dikembangkan melalui penelitian murni. Ahli bioinformatik dan peneliti genetika Heidelberg, Prof. Roland Eils, yang bekerja di Pusat Penelitian Kanker Jerman (DKFZ) dan di laboratorium institut-institut penelitian di Universitas Heidelberg, sejak beberapa tahun yang lalu sudah mulai memperkenalkan ilmu dan teknik-teknik bioteknologi kepada para mahasiswa di kampus. Dengan motto “Kreativitas melalui Idealisme” ia memotivasi mahasiswa Biologi, Informatika, dan Matematika sejak awal semester untuk pandai-pandai mengorganisasi diri, bekerja dalam sebuah tim, dan tak ketinggalan siap untuk rela berkorban. Para peserta iGEM ini sejak awal sudah diberi tahu, bahwa mereka tidak akan mempunyai liburan musim panas, karena persiapan menuju kejuaraan dunia harus mendapatkan prioritas utama.

Ini juga berarti, bahwa proyek rekayasa genetika Heidelberg seharusnya menjadi sebuah karya pembangunan yang utuh: Emas yang bisa didapat kembali dari sampah elektronik melalui peptida non-ribosomal sintetase. Di balik kenyataan itu tersembunyi proses kehidupan yang hampir belum diketahui: Tidak seperti biasanya, di mana sebuah peptida di dalam sel diproduksi di pabrik protein bernama ribosom, peptida kecil ini benar-benar tidak bergantung pada ribosom sama sekali. Kenyataan ini bisa dilihat di beberapa kelompok organisme bakteri dan jamur. Tampak jelas pula, bahwa peptida ini sangat beranekaragam dan bermanfaat: beberapa bekerja seperti Tyrocidine yang bersifat antibiotik terhadap kuman penyakit. Sebagian lagi bekerja sebagai zat pewarna, sebagai neurotransmitter, sebagai modulator sistem imun dan saraf, bahkan sebagai zat pemanis. Mahasiswa-mahasiswa Heidelberg ini berhasil menciptakan peptida non-ribosomal (NRP) di sebuah bakteri melalui kecerdikan mereka mengkombinasikannya secara genetika. Peptida ini mampu melarutkan partikel emas dari sampah elektronik dan sekaligus mengolah sampahnya. Perkiraan biaya untuk aplikasinya juga sudah diperhitungkan secara rinci, dan dinyatakan akan mampu bersaing dengan industri masa kini dalam pengolahan emas menggunakan zat kimia. “Tentu saja dengan nilai plus lebih ramah lingkungan karena bioreaktor”, demikian kata seorang mahasiswa ketika mempresentasikannya di depan juri MIT.

Konsep ini benar-benar meyakinkan, karena di samping mampu mengharumkan nama baik Heidelberg di dunia Biologi, sebuah cara untuk menandai peptida dari mikroba pun mereka dikembangkan. Mereka tidak menggunakan green fluorescence protein (GFP) yang sudah sangat terkenal dan luas aplikasinya, yang pengembangannya di bidang teknik biologi mendapatkan nobel kimia 5 tahun silam. NRP mereka menggunakan label pigmen kecil berwarna biru dari Indigoidine, yang mampu menandai peptida terpendek, sehingga dapat dilihat dengan jelas di bawah mikroskop. "Ini merupakan sebuah penemuan baru di Heidelberg, yang sekarang sedang kami klaimkan hak patennya", kata pembimbing iGEM mereka, Roland Eils. “Untuk itulah kami membawanya ke MIT, sekaligus untuk diperkenalkan secara luas”, katanya menambahkan.
Tim iGEM dari Universitas Freiburg, Jerman juga mendapatkan penghargaan yang tidak bisa dianggap remeh. Delapan belas mahasiswa tingkat sarjana dan magister mereka berhasil memenangkan penghargaan “Best Foundational Advance Award” dengan Toolkit uniCAS mereka, sebuah obeng universal terhadap gen di dalam sel. Ini merupakan penghargaan terbaik dari konsep dasar perkembangan dunia Biologi Sintetik.

Originaler Text: http://www.faz.net/aktuell/wissen/mensch-gene/heidelberger-goldrausch-studenten-weltmeister-im-genlabor-12650509.html"


Beberapa dari mereka adalah teman kuliahku satu jurusan..
Ich bin stolz auf euch, auf die Molekulare Biotechnologie und auf die Universität Heidelberg!

Sabtu, 02 November 2013

International Catholic Community in Heidelberg (ICCH)

That's why i chose Heidelberg.
A beautiful international city.

Catholic Mass in English
St. Michael Church
Kirschgartenstr. 35
69126 Heidelberg

(Haltestelle: Rheinstr.)

"For the kingdom, the power, and the glory are yours. Now and forever. Amen"
#ilearnenglish


Hotel Mama - 1/2

Ini merupakan pembahasan dari sebuah artikel yang dimuat di surat kabar Rhein-Neckar-Zeitung, sebuah surat kabar regional di kota Mannheim, Heidelberg, dan sekitarnya

http://www.rnz.de/heidelbergcampus/00_20131025133500_108351941_Generation_Nesthocker_Studenten_gefaellt_es_im.html

Hotel Mama: Bukan berarti hotel milik mama, tetapi sebuah ungkapan mahasiswa yang tetap tinggal bersama orang tuanya selama masa perkuliahan

Di bagian yang pertama ini, aku sebutin dulu kata-kata indah dalam bahasa Jermannya ya..
- "Wenn man die Ablösung von den Eltern hinauszögert, bleibt man Kind"


- "Das Studium ist eigentlich der Schritt ins selbständige Leben"

- "Sie lernen nicht, auf eigenen Füßen zu stehen"


bersambung..
-----------------------

Rabu, 30 Oktober 2013

Eselsbrücken = Jembatan Keledai

Alhamdulilah, kuliah hari ini selesai juga.
Sesampai di rumah, aku membuka kotak surat, dan menemukan sebuah surat dari LBV BaWü (Landesamt für Besoldung und Versorgung Baden-Württemberg).
Semacam kantor pajak kali ya kalau diterjemahin ke Bahasa Indonesia?

Di surat itu, aku menemukan sebuah kalimat yang menarik
".. Beim Merken sind "Eselsbrücken" sehr hilfreich, z.B. "das Pferd hat 4 Beine und 2 Ohren"", sehingga orang akan bisa menemukan "dPh4Bu2O" dari situ.

Hohooo, aku diingatkan kembali tentang sebuah metode yang jitu untuk menghafal..

NaPaS Sebelum Binasa = N P S Sb Bi
Heboh Negara Arab Karena Xemok Ratunya = He Ne Ar Kr Xe Rn
:D



Jumat, 25 Oktober 2013

Mimpi

Sudah lama rasanya tidak bertaut-tautan lagi.
Bertautologi ahhh..

Semalam aku bermimpi, bertemu dengan seorang sahabat masa kecilku, sebut saja dia si Kumbang.

MIMPI
Ternyata aku selalu menganggap si Kumbang ini berada di keluarga dengan penghasilan yang pas-pasan saja, bahkan mungkin kurang (makanya sampai terbawa mimpi). Maaf ya Kumbang, karena itulah namamu aku sensor di sini. Tapi percayalah, aku nggak pernah bermaksud merendahkan atau apapun, kamu selalu jadi salah satu inspirasiku, malahan hari ini tanpa aku minta, kamu memberiku lagi sebuah pelajaran hidup.

Dalam mimpi itu, ketika aku berkunjung ke rumah si Kumbang, ternyata aku ditawari untuk makan Schnitzel (daging iris ala Jerman) yang hari itu dimasak di keluarga mereka. Schnitzelnya tersedia dalam jumlah yang luar biasa banyak. Mula-mulanya aku malu-malu (biasalah, sampai sekarang aku masih memegang teguh prinsip hidup orang Jawa..), tapi perlahan-lahan kalau ditawari buat nambah, aku selalu bilang mau :D

Sehabis makan, seperti biasa kami blusukan (dalam arti yang sesungguhnya), bermain-main di sawah dan alam pedesaan yang ada.
Pelajaran hidupnya berinti di sini:
Tiba-tiba aku melihat ada mas-mas lewat yang jual semacam tempura (daging yang ditusuk seperti sate). Karena sudah lama nggak makan itu, aku pun tertarik buat membelinya.

Aku ingat betul dalam mimpiku, waktu itu aku membeli 3 tusuk daging, dan masnya bilang: "Jadi semuanya Rp 6.000,-."
Aku lupa kalau aku bisa saja lupa membawa uang rupiah karena uang sehari-hari yang ada di dompetku sekarang adalah uang euro (ya jelaslah, bisa dipakai buat beli apa kalau bawa uang rupiah sehari-hari di sini..)
Si Kumbang juga beli, jumlahnya aku tidak ingat. Dia bilang mau kembali ke rumah yang tidak jauh dari situ untuk mengambil uang dulu.

Bukannya GR atau apa, tapi aku punya firasat kalau aku bakal dibayarin (beginilah cara hidup di daerah kami). Dan aku tentunya nggak mau, tadi aku dikasih makan, masa' sekarang dibayari juga.
Aku bersikeras mencari uang rupiah yang ada di dompetku. Dan ternyata ada! Selembar uang Rp 50.000,-..

Ketika aku akan menyerahkan uang ini ke mas'e, si Kumbang datang juga untuk menyerahkan selembar uang Rp 10.000,-. Kejadian semacam ini bener-bener kejadian yang tidak langka dijumpai di daerah kami. Dua orang menyodorkan uang kepada penjual.

Si Penjual pun akhirnya membuat keputusan untuk menerima uang dari si Kumbang.
Kenapa begitu? Kalau aku mau cari-cari alasan sih, mungkin karena si Penjual ini nggak punya uang kembalian atau malas ngembaliin uang banyak-banyak kalau dibayar pakai uang Rp 50.000,-.

Tapi si Penjual itu mengeluarkan alasan ini: "Aku nerima uang si Kumbang yang orang sini aja ya (dia kenal sama si Kumbang)". "Lho koq gitu mas, terima ini aja, kan aku yang pertama ngasih", kataku.
Si Penjual menolak. Dia lebih setuju untuk menerima uang dari si Kumbang.

Dalam hati aku bertanya-tanya, lho padahal si penjualnya kenal sama si Kumbang, tahu bagaimana kondisi perekonomian keluarganya. Bukannya dengan menerima uangku berarti justru akan membuat hidup si Kumbang lebih baik?

Aku merasa semakin tidak enak dan berutang budi banyak pada si Kumbang ini dalam mimpiku ini.


BANGUN TIDUR
Ketika aku bangun dari tidur, aku juga merasa bahwa aku berutang budi lagi pada si Kumbang ini dalam kehidupan yang sebenarnya. Lebih dari sekedar Schnitzel dan uang Rp 6.000,-, yakni sebuah pelajaran hidup.

Si Kumbang mau memberi dari kekurangannya.

Aku pernah mendengar kata-kata ini, tapi dengan mimpiku ini aku merasa seperti diingatkan lagi, karena aku masih lebih sering memberi karena aku memang mempunyai itu dalam jumlah yang cukup.

Semula aku tidak percaya akan hal ini, karena bisa saja kan aku melihat ini sebagai "cara hidup di daerah kami". Tapi dengan hadirnya si Penjual yang hadir untuk menerima uang si Kumbang, aku merasa mantap kalau mimpi ini adalah wangsit dari Gusti Allah.

Memberi dari kelebihan kita itu tidak salah, tetapi kalau tidak hati-hati ternyata bisa menjerumuskan kita ke dunia kesombongan.

Ketika aku berkata "terima uangku saja", barangkali ada pikiran "si Kumbang kan miskin, kasihan" dalam otakku.

Dhuh Gusti, ampuni aku.


MIMPI
Pada mimpi kali ini, aku bukan bermaksud buat tidur lagi, tapi mimpi dalam arti cita-cita.
Jadi di sini ya Tautologi ini dimulai hehe

Aku mempunyai sebuah mimpi di masa muda, yang sampai sekarang rasanya belum bisa-bisa aku wujudkan karena aku merasa sampai sekarang belum punya cukup faktor X untuk memberi makan mimpiku ini.

Melalui pelajaran hidup di mimpi ini,
aku mau berusaha untuk mulai memberi dari kekurangan (di faktor X itu)
karena begitulah sejak kecil cara hidupku sebenarnya sudah diasah :D

Minggu, 06 Oktober 2013

Holy Mass - Heilige Messe

(Zunächst bloß die Antwort :D)

1. Amen
Amen

2. and with your spirit
und mit deinem Geiste

3. Lord, have mercy
Herr, erbarme dich
Christ, have mercy
Christus, erbarme dich

4. Thanks be to God
Dank sei Gott

5. Glory to you, O Lord
Ehre sei dir, o Herr 
Praise to you, Lord Jesus Christ
Lob sei dir, Christus

6. I believe in God, the Father almighty
Creator of heaven and earth
and in Jesus Christ, his only Son, our Lord
Who was conceived by the Holy Spirit
born of the Virgin Mary
suffered under Pontius Pilate
was crucified, died and was buried
he descended into hell
on the third day he rose again from the dead
he ascended into heaven
and is seated at the right hand of God the Father almighty
from there he will come to judge the living and the dead
I believe in the Holy Spirit
the holy catholic church
the communion of saints
the forgiveness of sins
the resurrection of the body
and life everlasting. Amen

Ich glaube an Gott, den Vater, den Allmächtigen
den Schöpfer des Himmels und der Erde
und an Jesus Christ, seinen eingeborenen Sohn, unseren Herrn
empfangen durch den Heiligen Geist
geboren von der Jungfrau Maria
gelitten unter Pontius Pilatus
gekreuzigt, gestorben und begraben
hinabgestiegen in das Reich des Todes
am dritten Tage auferstanden von den Toten
aufgefahren in den Himmel
er sitzt zur rechten Gottes, des allmächtigen Vaters
von dort wird er kommen
zu richten die Lebenden und die Toten
ich glaube an den Heiligen Geist
die heilige katholische Kirche
Gemeinschaft der Heiligen
Vergebung der Sünden
Auferstehung der Toten
und das ewige Leben. Amen.

7. And with your spirit
und mit deinem Geiste
We lift them up to the Lord
wir haben sie beim Herrn
It is right and just
Das ist würdig und recht

8. We proclaim your death, O Lord, and profess your resurrection until you come again
Deinen Tod O Herr verkünden wir, und deine Auferstehung preisen wir, bis du kommst in Herrlichkeit

9. Our father, who art in heaven
hallowed be thy name
thy kingdom come, thy will be done on earth
as it is in heaven
Give us this day our daily bread
and forgive us our trespasses as we forgive those who trespass against us
and lead us not into temptation, but deliver us from evil.
For the kingdom, the power, and the glory are yours. Now and forever. Amen.

Unser Vater im Himmel
geheiligt werde dein Name
dein Reich komme
dein Wille geschehe
wie im Himmel so auf Erde
Unser tägliches Brot gib uns heute 
und vergib uns unsere Schuld
wie auch wir vergeben unsern Schuldigern
und führe uns nicht in Versuchung,
sondern erlöse uns von dem Bösen.
Denn dein ist das Reich, und die Kraft und die Herrlichkeit, in Ewigkeit. Amen.

10. Peace be with you
Der Friede sei mit dir

11. Lord, i am not worthy that you should enter under my roof,
but only say the word and my soul shall be healed
Herr, ich bin nicht würdig, dass du eingehst unter mein Dach,
aber spricht nur ein Wort, so wird meine Seele gesund


Danke dir, International Catholic Community of Heidelberg (ICCH)
St. Michael's Church
Kirschgartenstr. 35
69126 Heidelberg
Email: infoheidelberg@internationalcatholiccommunity.com

Spread this to the world..!

Minggu, 29 September 2013

Wake Me Up - Avicii


My favorite song right now

"So wake me up when it's all over
When i'm wiser and i'm older
All this time i was finding myself and i
didn't know i was lost"

Interlude:
6 6 6 1* 6
6 5 6 1* 1* 1* 2* 1* 2* 3* 1* 6

* = an octave higher

Thank you, Radio Regenbogen 102.8 FM

Senin, 09 September 2013

Semuanya ini saling berkesinambungan

- Yeaaay, akhirnya aku dapet kesempatan buat ngeringin baju di Waschsalon INF am Klausenpfad.
Perlu dicatat, hanya 1 dari 5 Trockner yang bisa berfungsi.

- Yes, it was my first holy mass in english.
"Whoever does not carry his own cross and come after me cannot be my disciple"

- Hurra, jempol kakiku dirontgen hari ini. Chirurgische Klinik Ambulanz. Toll.

- Yuhuuuy, hari ini aku ketemu dengan Wadanpok Pataka TN15: Pedro Gorawijaya



... dan dalam sekejap mata roda kehidupanku pun berputar 180°
aku sedang berada di bawah, dan sekarang sedang mencoba untuk merangkak lagi ke atas..

Kenapa sih bukan pas di Praha, Iserlohn, Luksemburg, dan Berlin aja?
Zwar ärgerlich, aber ich muss das akzeptieren.


Sebab semuanya ini saling berkesinambungan,
dan Tuhan sudah menunjukkan keagunganNya dalam kehidupan seorang sahabatku.

Ini bagian dari rencana Tuhan yang unik, dan rencanaNya itu baik adanya..
Ich glaube 100%-ig daran

Oh du letzter Samstag, du bedeutest mir viel

Oh du letzter Samstag, du bedeutest mir viel..
Oh Sabtu kemarin ini, kamu sungguh berarti bagiku..

Aku nggak bisa tidur semalam.
Aku masih tidak bisa percaya dengan apa yang aku lihat dan apa yang aku dengar semalam.

Sungguh berarti.
Sebuah hari yang besar dalam hidupku.


Wenn ich was sagen darf,
"Ich bin gesegnet. Danke Gott, dass du mich liebst.."

Senin, 12 Agustus 2013

Iserlohn

Pada hari Minggu kuturut masinis ke Iserlohn. Jarak perjalanan pulang pergi sejauh 676 km yang kutempuh bukan menjadi sebuah masalah besar bagiku. Sebuah persahabatan yang begitu berarti di antara 2 orang yang berunsur api. Ya, Dita telah menyelesaikan kuliah S1nya di Jerman dan kini mendapatkan gelar B.Eng.
 
Heidelberg - Iserlohn - Düsseldorf - Heidelberg

Untuk merayakan kelulusan Dita dan untuk semakin mengafdolkan hari raya Idul Fitri yang kita peringati kemarin lusa, jadilah kami mengunjungi Restoran Bali di kota Iserlohn. Gaung restoran ini amatlah terkenal sejak aku datang ke Jerman. Dan senang sekali rasanya akhirnya aku mendapatkan kesempatan untuk mencicipi sedikit kenikmatan dewa.

 Piring #1: Perkedel kentang, cumi, bihun, mie goreng, ...

 Piring #2: Sate ayam, lemper, siomay, bebek goreng, ...

Piring #3: Kerang, Rendang, Gulai Kambing, Daging Kangguru, ...

 Piring #4: Gurami goreng, Sate madura, Tahu tempe, Kepiting, ..

 Piring #5: Klepon, Onde-onde, Gado-gado, ...

Nachtisch: Bubur Ketan Hitam

Alhamdulilah ya Allah, dengan meraih kocek 14,95 € aku boleh makan makanan itu semua. Terima kasih kepada pemilik restoran Bali di Iserlohn (cowok: orang Indo, cewek: orang Thailand), Mas2 dari Jombang yang begitu ramah (selalu nawarin masakan yang barusan keluar dari dapur)

"Mas, mas: Sate kambing, Mas-mas: Kangkung"

Dan terima kasih untuk Felicia Primadita, B.Eng yang telah membuat semua mimpi indah tadi menjadi nyata.. Bis zur nächsten Reise!


Akhir kata, aku ingin mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1434 H. Mohon maaf lahir dan batin..

Sabtu, 20 Juli 2013

17 Juli dan 19 Juli

17 Juli: KePe Pets' Geburtstag
19 Juli: Guinandra's Geburtstag

KePe Pets adalah nama Pet Shop yang aku rintis bersama seorang temanku. Debut kami dimulai di Perayaan 20 Tahun SMA Taruna Nusantara (TN). Kami memamerkan dan menjual hamster dan kelinci peliharaan kami. Sasaran Marketing kami adalah anak alumni.
"Papa Papa, itu kelincinya lucuuu banget, Dedek mau dong Pa buat di rumah.." :D
Dan di event itulah aku memperoleh "Panda" sebagai Spitzname, karena waktu itu aku memang memakai kostum Panda untuk mempromosikan stanku lol :p

Guinandra adalah seorang sahabatku. Kami 1 angkatan di SMA TN. Kami mulai akrab sejak bersama-sama mendapatkan amanat untuk menjadi Seksi Orientasi di kepanitiaan PDK (Pendidikan Dasar Kedisiplinan). Kebersamaan kami berlanjut di level organisasi, aku berkarya di OSIS, dia berkarya di Perwakilan Kelas (PK). Pun berlanjut di level akademis, aku berkarya di Tim Mata Pelajaran Kimia (CESIUM), dia berkarya di Kelompok Ilmiah Remaja (KIR). Kami pun saling menaruh respek satu sama lain. Sayangnya karyaku mandheg di level propinsi, sedangkan dia berhasil menjadi seorang juara sampai di level internasional. Saat kelulusan, Guinandra pun dianugerahi Bintang Garuda Trisakti Taruna Tama Emas sebagai lulusan terbaik SMA TN tahun 2010.


Dua tanggal ini menjadi tanggal yang istimewa bagiku baik di masa lalu maupun sekarang.
Di tahun 2013 ini,
17 Juli: Klausur Verfahrenstechnik (Ich habe gutes Gefühl :))
19 Juli: EMBL-Führung mit MoBis

Aku harus mengakui, kalau jiwa mudaku (yang beberapa hari lalu kelihatannya sudah makin "menua"), hari ini kembali bergejolak: Challenge!
Hmm.. Should i?

Minggu, 14 Juli 2013

Abang oh Abang

Selamat ulang tahun SMA TN..!
Selamat ulang tahun TN18 ATMOSPHERE (Taruna Nusantara Angkatan 18)..!!!

PF: 14 Juli 2013


Pada kesempatan menulis kali ini, aku ingin mengungkap bahwa "Abang" memiliki peran yang cukup penting dalam membina adik-adiknya.
Hal ini karena adik lebih segan terhadap "Abang" daripada Pamong (guru).

Setelah 3 tahun lulus dari SMA TN, aku pun ternyata masih seperti itu.
Adalah Bang Anton, TN9 yang sore tadi mengontakku. Dia menanyakan kabarku.
Akupun membalas dengan menanyakan kabarnya. Karena Bang Anton ini juga pernah berkuliah di Jerman dan kini bekerja di Indonesia, akupun meminta penerangan terhadap masa depanku setelah selesai kuliah.
Hal ini karena, apabila kuliahku lancar insya Allah aku akan lulus tahun depan.


"Tp abg yakin, ortu-mu akan respect apapun keputusan yg kamu ambil di masa depan"
 
"Enjoy every moment & step of your life. You may think about the future, but don't be so worry about it"

"Apapun pilihan yg akan kamu ambil, tdk masalah. Mau bekerja dimanapun, asal dilakukan dgn sungguh2, pasti akan membawa hasil yg baik"


Terima kasih Bang, kata-kata Abang telah berhasil menginspirasi adik Abang yang satu ini..

Minggu, 07 Juli 2013

Sommerferien

Salah satu poin dalam Resolusi di Umur 21
- ke Roma, Vatikan, Paris, Barcelona, dan nonton bola di München

Poin itu mungkin akan aku wujudkan di Sommerferien kali ini

Dan tanggal 1 Agustus nanti aku mulai libur..!
Ini Plan kasarku
- sächsische Schweiz (dekat Dresden)
- Praha

- Salzburg
- Wina
- Bratislava

- Straßburg (dengan Flixbus: Heidelberg - Straßburg 5 Euro doang :))
- Paris

Wer fährt gerne mit? :)

Sabtu, 29 Juni 2013

Maraton Film

Hei semuanyaaa,

Sejak Selasa kemarin ada tamu yang bermalam di kamarku. Dia mahasiswa kedokteran UI yang sedang melakukan pertukaran selama 1 bulan dengan mahasiswa kedokteran Uni Heidelberg.

Dia punya prinsip, kalau makan itu harus sambil nonton film. Kalau enggak, itu such a wasting time.
Alhasil sejak Rabu sampai Jumat kemarin, akhirnya aku yang punya gen nggak terlalu demen nonton film (karena di Salatiga nggak ada bioskop :( ) nonton 3 film berturut-turut yaitu

- Wreck-It Ralph
- Invictus
- Total Recall

Aku mulai ngrasa betapa pentingnya nonton film-film (terutama yang berkualitas).

Film Wreck-It Ralph misalnya mempunyai amanat
"Orang jahat boleh-boleh aja suatu saat berkeinginan jadi orang baik. Tapi caranya tidak harus dengan memperoleh medali, membuktikan diri kepada semua orang kalau dirinya bisa menjadi seorang pahlawan. Sebenarnya caranya cukup dengan membahagiakan 1 orang saja, apakah dengan begitu aku masih dianggap sebagai orang jahat?"

Dan yang kedua adalah Invictus
"Forgiveness liberates the soul. It removes fear. That is why it is such a powerful weapon" - Nelson Mandela -
Sebuah film yang menceritakan sepotong cara kepemimpinan Nelson Mandela, presiden pertama berkulit hitam di Afrika Selatan.
Film ini memberiku 2 inspirasi:
1. Olahraga ternyata bisa menyatukan kita sebagai suatu bangsa.
2. Apakah mungkin, Indonesia suatu saat memiliki presiden dari suku x atau selain yang beragama y?
Sudah bukan saatnya lagi judge the book by its cover. Nilailah seorang manusia bukan dari outter beautynya (warna kulit, tinggi badan), tapi dari diri mereka masing-masing. Karena dari mata kuliah evolusi kita belajar: variasi gen terbesar justru terjadi di antara populasi dalam sebuah negara (bukan antarbenua). Dari 200 juta penduduk Indonesia, kita nggak bisa memukul rata kalau suku x pasti memiliki sifat z atau agama y pasti memiliki sifat a :) Betul kan?

Dan berikutnya yang aku suka adalah tipe film Sci-Fi, seperti yang beberapa waktu lalu aku tonton: Star Trek. Film Total Recall ini tidak kalah serunya dalam memberikan inspirasi.
1. Alat transportasi dari Inggris ke Australia yang bisa menembus inti Bumi?
Ini cukup masuk akal sih, setengah keliling Bumi itu = pi.d, diameter Bumi sendiri = d
Tanpa faktor pi, jarak perjalanan memang lebih singkat :)
2. Alat Total Recall yang seperti di film Inception, membuat kita bingung: ada di dunia manakah kita sebenarnya saat ini.


Dan, dgn menonton film2 itu, kemampuan bahasa Inggris kita sedikit demi sedikit bisa berkembang :)
That's why kita perlu menonton film (terutama yang berkualitas).

Jumat, 21 Juni 2013

Penyesalan..

".. penyesalan memang selalu menakutkan.."
demikian penggalan syair lagu Mawar Hitam dari Tipe X.

".. aku lalai di pagi hari, beta lengah di masa muda..
.. kepada yang muda kuharapkan, atur barisan di pagi hari, menuju ke arah padang bakti.."
demikian penggalan puisi Menyesal karya Ali Hasjmi.


Di tengah kegalauan yang sedang kurasakan malam hari ini, aku ingin berdoa

"Untuk mengejar segala kebaikan yang seharusnya sudah kulakukan
dan yang telah kulalaikan sekarang dan selama hidupku.
Kemuliaan kepada Bapa...."
Dikutip dari http://imandoakatolik.blogspot.de/2011/05/doa-harian-malam.html


Seandainya waktu bisa terulang kembali, apakah aku akan mengulang kembali masa mudaku?
Tuhan, i really need you.
Aku mau percaya pada rencana indahMu di dalam kehidupanku.


Selasa, 18 Juni 2013

Sentuh Hatiku

Lagu yang dipopulerkan oleh Nikita ini pertama kali aku dengar dari adek siswa Griyana (waktu itu), ketika kami Kanonika (siswa-siswi Katolik di SMA Taruna Nusantara) tengah mencari lagu baru untuk dinyanyikan dalam koor.

Melodinya indah.
Kami pun sempat menyanyikannya di Gereja Katolik St. Mikael Pancaarga.

Beberapa waktu yang lalu, aku kembali mendengar lagu ini. Aku baru menyadari kalau isinya juga indah, bisa membuatku khusuk masuk ke dalam suasana doa.

Dua hari yang lalu, lagu ini kembali aku dengar sebagai lagu pembukaan di sebuah doa rosario bersama. Sungguh senang kembali mendengarkan lagu yang indah ini.



Semuanya ternyata memang saling berhubungan.
Diperkenalkannya lagu itu oleh Griyana, dinyanyikannya lagu itu, sampai peristiwa 2 hari yang lalu.
Sungguh rencana Tuhan memang luar biasa..

Sabtu, 27 April 2013

KNKP: Kenusantaraan dan Kepemimpinan

KNKP merupakan akronim dari KeNusantaraan dan KePemimpinan, salah satu dari 3 mata pelajaran kurikulum khusus SMA Taruna Nusantara Magelang.

Pelajaran ini (pada masanya) diampu oleh Bapak Banar Budiyono dan Bapak Henang Widayanto.


Yang membuatku tiba-tiba menulis tentang ini adalah
Ketika liburan di Indonesia, aku mencoba membongkar-bongkar kardus dokumen-dokumenku di SMA untuk mencari buku paket Kimia.
Tiba-tiba aku melihat sebuah buku tulis yang waktu itu aku pakai untuk mencatat di pelajaran KNKP ini.

Arsip ini ditulis pada tahun 2009, tahun di mana aku menjabat sebagai Ketua 2 OSIS di SMA itu. Tahun di mana kata "Kepemimpinan" menjadi sebuah kata yang sangat berarti bagiku. Ya, di tahun itulah aku boleh mendapatkan kesempatan untuk belajar memimpin di sekolah yang memang sengaja dipersiapkan untuk mendidik calon-calon pemimpin bangsa ini di masa mendatang.

Berikut cuplikannya
"Terima kasih, Anda tidak terlambat (16:00)
Salah satu ciri pemimpin potensial:
-> "rasa bersalah dan rasa malu jika terlambat""

Aku cuman bisa bilang "wow" bila mengenang lagi masa-masa itu.
Sebuah metode yang unik untuk memanajeri manusia. Bukannya menegur dan menasehati mereka yang datang terlambat, tapi Beliau memberikan masukan bagi mereka yang ingin disebut sebagai seorang pemimpin yang potensial.

Jiwa mudaku bergejolak.
Aku merasa mirip dengan Harry Potter, yang di edisi keenamnya menemukan sebuah buku ramuan ajaib milik Profesor Snape (Harry Potter and the Half Blood Prince).
Mudah-mudahan manfaat dari membaca buku tersebut juga mirip, aku bisa "meracik" diriku dengan baik, sehingga bisa memberikan karya terbaik bagi masyarakat, bangsa, negara, dan dunia.

N.B.
Bedanya, buku yang kutemukan adalah buku milikku sendiri :)

Selasa, 23 April 2013

Keep a Journal

Successful people keep a journal.
Why must?

"Keeping a journal equals keeping track of your life"


#dankemeinemblog
#duhastnochmalmeinlebengerettet


Jumat, 19 April 2013

Universitas dan Kehidupan

Pernahkah kalian mendengar frasa universitas kehidupan?


Frasa universitas kehidupan barangkali muncul pertama kali dari buku Sepatu Dahlan Iskan.

"Jika semua yang kita kehendaki terus kita MILIKI, darimana kita belajar IKHLAS
Jika semua yang kita impikan segera TERWUJUD, darimana kita belajar SABAR
Jika setiap doa kita terus DIKABULKAN, bagaimana kita dapat belajar IKHTIAR.
Seorang yang dekat dengan Tuhan, bukan berarti tidak ada air mata
Seorang yang taat pada Tuhan, bukan berarti tidak ada kekurangan
Seorang yang tekun berdoa, bukan berarti tidak ada masa sulit
Biarlah Tuhan yang berdaulat sepenuhnya atas hidup kita, karena Dia tahu yang tepat untuk memberikan yang terbaik.
Ketika kerjamu tidak dihargai, maka saat itu kamu sedang belajar tentang KETULUSAN
Ketika usahamu dinilai tidak penting, maka saat itu kamu sedang belajar KEIKHLASAN
Ketika hatimu terluka sangat dalam, maka saat itu kamu sedang belajar tentang MEMAAFKAN.
Ketika kamu lelah dan kecewa, maka saat itu kamu sedang belajar tentang KESUNGGUHAN
Ketika kamu merasa sepi dan sendiri, maka saat itu kamu sedang belajar tentang KETANGGUHAN
Ketika kamu harus membayar biaya yang sebenarnya tidak perlu kau tanggung, maka saat itu kamu sedang belajar tentang KEMURAHAN HATI.
Tetap semangat….
Tetap sabar….
Tetap tersenyum…..
Karena kamu sedang menimba ilmu di UNIVERSITAS KEHIDUPAN
TUHAN menaruhmu di “tempatmu” yang sekarang, bukan karena “KEBETULAN”
Orang yang HEBAT tidak dihasilkan melalui kemudahan, kesenangan, dan kenyamanan
MEREKA di bentuk melalui KESUKARAN, TANTANGAN & AIR MATA."

[Disadur dari Buku "Sepatu Dahlan Iskan"]


Sangat menginspirasi sekali.
Melalui tulisan berikut ini, aku ingin menambahkan sedikit saja:

Tautologi adalah hal yang sangat aku sukai. Kalau Dahlan Iskan menggabungkan kata universitas dan kehidupan menjadi satu frasa, aku justru memisahkannya menjadi 2 kata.
Tujuannya bukan untuk menghilangkan maknanya sepenuhnya, melainkan untuk menambahkan sedikit makna, bahwa aku sedang tidak mengalami kemudahan, kesenangan, dan kenyamanan di universitas pada saat sekarang ini.

Tapi aku tiba-tiba teringat pada apa yang kutulis pada buku katalog SMP Domsav tahun 2006/2007:
"Even though i will fail many times, i will be reborn forever"

Aku sangat suka dengan tantangan, dan itu benar: keputusan untuk berkuliah di Jerman cukup banyak adalah karena egoku: aku ingin sebuah tantangan baru.
Melalui kesukaran, tantangan, dan air mata yang kini berkecamuk dalam hatiku ini, setelah aku telaah lebih lanjut, mungkin ini adalah jawaban dari Tuhan atas doaku selama ini.

Mungkin inilah tantangan itu. Apakah aku pantas mengeluh untuk keinginanku yang terkabul ini?
Tiba saatnya motto hidupku sejak SMP itu untuk diuji.
"Aufgeben ist nicht da in meinem Wörterbuch. Ich werde niemals, niemals und NIEMALS aufgeben!"

Jumat, 12 April 2013

Aku pulang..!

Huhu allerseits,

Aku pulang..!
Setelah kurang lebih 1 bulan berpisah dengan dunia maya, kini aku kembali lagi ke tanah Jerman untuk menulis..!!!

Memang benar kata seorang sahabatku di sini, sebetah-betahnya kamu di negeri orang, kamu tetep butuh sesekali kembali ke negaramu, untuk mengisi bahan bakar.
Aku nggak tahu apa yg ia maksud dengan bahan bakar, tapi aku merasa telah menemukannya. Bahan bakar itu adalah cinta terhadap tanah air.

Aku cinta Indonesia.
Tiga kata itu gampang untuk diucapkan, tapi ketika aku mengucapkannya pada hari ini, aku merasa ada kebahagiaan yang meluap-meluap yang membuatku mau mengatakannya dari lubuk hati yang terdalam.

Weeez, apa jangan-jangan Kristanto sudah menemukan pujaan hatinya selama liburan kali ini?
Atau gara-gara puas makan banyak makanan yang enak-enak di sana?
Atau karena apa nih? hehe

Satu-satu aja ya aku ceritainnnya.
Bagian pertama adalah soal biaya.
1. Aku baru aja perpanjang SIM C di kota Salatiga, perpanjang selama 5 tahun dan hanya dikenakan biaya Rp 105.000,00..!!!
Hal yang pengen aku soroti di sini adalah, tampaknya sudah semakin sedikit pungutan-pungutan liar di Indonesia, semenjak ada KPK :)
2. Biaya kirim kartu pos ke Jerman, Rp 5.000,00..!
3. Biaya kirim surat dalam kota Salatiga, Rp 2.000,00; Jawa Tengah Rp 2.500,00; dan Ekspress 1-2 hari (Nasional) Rp 9.000,00!
 4. Aku selalu membangga-banggakan Mitfahrgelegenheit di negara Jerman. Ternyata di Indonesia juga ada lho, tapi namanya travel :D
Aku sempet survei harga nih ceritanya, yakni Cipaganti ke Jogja.
- Titip barang Rp 30.000,00
- Penumpang Rp 40.000,00
Yang membuat aku lebih bahagia lagi adalah, aku pernah mencoba naik bus umum dari Salatiga ke Jogja.
- Salatiga - Bawen tarifnya Rp 3.000,000 (Ekonomi)
- Bawen - Jogja tarifnya Rp 35.000,00 (Patas)
Jadi kalau dihitung-hitung, travel Salatiga - Jogja itu harganya merakyat..!!!

Sekian dulu postinganku yang pertama setelah pulang ke Jerman lagi ini.
Ternyata aku makin cinta Indonesia, makin sayang, abdi bogoh kasalirang, kula tresena sliramu, Indhonesiya..!!!

Sabtu, 23 Februari 2013

Sang Pujangga Bahasa Jerman

Aku sayang sama kamu

Ich liebe dich

Du bist echt wunderschön wie eine chinesische Frühlingsrolle
Kamu benar-benar cantik seperti lumpia cina (Whaaat?)

Kamu cantik banget
Du bist sehr schön/ hübsch

Du bist echt schön wie eine Puppe
Kamu cantiknya kayak boneka (imut kali ya yang dimaksud, hmm bolehlah..)

Ku merindumu..
Ich vermisse dich

Hampa terasa hidupku tanpa dirimu
Mein Leben ist leer ohne dich

Kamu adalah anugerah terindah dalam hidupku
Du bist das schönste Geschenk in meinem Leben

Kalau kamu kembang, biar aku jadi kumbangnya
Wenn du eine Blume bist, dann bin ich der Flieger

Aku suka deh kalau kamu senyum
Ich mag dein Lächeln.

Aku tak bisa hidup tanpamu
Ich kann nicht ohne dich leben

Sampai kapan aku bisa bertahan tanpamu?
Bis wann kann ich ohne dich überleben?

Du bist das Beste was mir je passiert ist
Kamu adalah yang terbaik dari hal-hal yang pernah terjadi padaku

Du bist süß wie ein Honig
Kamu manis seperti madu (bolehlah..)

Satu jam saja kutelah bisa cintai kamu kamu kamu di hatiku, namun bagiku melupakanmu butuh waktuku seumur hidup.. (ST 12, tariiik maaang)
Obwohl ich nur eine Stunde dich geliebt habe, aber ich brauche mein ganzes Leben, dich zu vergessen

Mimpiin aku ya!
Träum etwas Süßes von mir!

Aku kangen kamu sayang
Ich habe dich lieb

Sayang

Schatz

Aku nggak bisa berhenti memikirkanmu, walaupun hanya sedetik
Obwohl nur eine Sekunde ist, kann ich nicht aufhören, dich zu denken

Aku setia koq sama kamu
Ich werde auf dich treuen


#BukuHarianSeorangPujanggaBernamaKristanto
Disusun bersama Chrisly L. Anggoro waktu masih di Stutensee
beberapa tahun yang lalu..

Rabu, 20 Februari 2013

Hal yang benar-benar penting. Atur prioritasmu.

Seorang profesor berdiri di depan kelas filsafat dan mempunyai beberapa barang di mejanya.
Saat kelas di mulai tanpa berbicara dia mengambil sebuah toples kosong  yang besar dan mulai mengisinya dengan bola-bola golf.
Kemudia di bertanya pada muridnya, apakah toples itu sudah penuh? Mahasiswa menyetujuinya.
Kemudian profesor mengambil sekotak batu koral dan menuanngkannya di dalam toples. Dia mengguncang toples dengan ringan. Batu-batu koral masuk mengisi ruang kosong diantara bola-bola golf.
Kemudia dia bertanya kepada muridnya, apakah toples itu sudah penuh? Mahasiswa kembali setuju bahwa toples sudah penuh.
Selanjutnya profesor mengambil sekotak pasir dan menebarkannya ke dalam toples. Tentu saja pasir itu menutup segala sesuatu di dalam toples. Profesor kembali bertanya apakah toples itu sudah penuh? Mahasiswa yang melihat hal tersebut kembali menyatakan iya.
Profesor kemudian menyeduh dua gelas kopi dari bawah meja dan menuangkan isinya ke dalam toples dan secara efektif mengisi ruangan kosong di antara pasir.
Mahasiswa di kelas tersebut tertawa..
“Sekarang “ kata profesor ketika suara tawa mereda. “ saya ingin kalian memahami toples itu mewakili kehidupanmu”
“Bola-bola golf tersebut mewakili  hal-hal penting dalam hidupmu, Tuhan, keluarga, anak-anak, kesehatan dan para sahabat”
“Batu-batu koral adalah mewakili segala hal laiin , seperti pekerjaan, rumah dan mobil, “
“Pasir adalah hal-hal lainnya yang sepele”
“Jika kalian pertama kali memasukkan pasir kedalam toplesmu, maka tidak akan ada ruangan tersisa untuk koral ataupun bola-bola golf. Hal yang sama terjadi pada hidupmu”
“Jika kalian menghabiskan energi untuk hal-hal sepele maka kalian akan kehabisan energi untuk melakukan hal-hal yang penting buat kalian”
“Jadi,, Berilah perhatian untuk hal-hal yang kritis untuk kebahagiaanmu, bermainlah dengan anak-anakmu, luangkan waktu untuk check up kesehatan. Ajak pasanganmu untuk keluar makan malam. Akan selalu ada waktu untuk membersihkan rumah dan memperbaiki mobil serta perabotan”
“Berikan perhatian terlebih dahulu kepada bola-bola golf, Hal yang benar-benar penting. Atur prioritasmu. Baru yang terakhir urus pasirnya”
Mendengar itu salah satu murid menganngkat tangan dan bertanyaj,” kalau begitu untuk apa kopi yang dituangkan tadi?”
Profesor tersenyum, “saya senang kamu bertanya, itu untuk menunjukkan bahwa sekalipn hidupmu tampak sudah penuh, tetap selalu tersedia untuk secangkir kopi bersama sahabat”

Senin, 18 Februari 2013

Hochdurschsatzverfahren

Hochdurchsatzverfahren
- Epistase-Analye
- Genexpressionsprofile
- SNP mit locus-trade-analye: Detektion von Erbkrankheiten
- MALDI-TOF: Zuordnung und quantitatives Vorkommen von Proteinen bestimmen
- Yeast2Hybrid: Erforschung von Interaktionen/ funktionelle Zusammenhängen
- siRNA knockdown screens: Detektion von Onkogenen/ Tumorsuppressorgenen

#bioinformatik

Jumat, 15 Februari 2013

Ndherek Dewi Maria

Ohrwurm..!
Danke, Tin..!!!
(buat postingan videonya beberapa waktu yang lalu)

Danke, Bang..!!!
(buat ngembaliin gitar dan mbenerin sarung gitarnya)


NDHEREK DEWI MARIA
Do = D

D               G           D
Ndherek Dewi Maria/ Meneladan Maria

Em             A           D
temtu 'geng kang manah/ hati 'kan gembira
A         E           A
Boten yen kuwatosa/ Tidak akan kecewa
Bm          E            A
Ibu njangkung tansah/ Ibu 'kan bersama

G                A         D    Bm
Kanjeng Ratu ing swarga/ Ya Maria, Ratu Surga

D           Em        A
amba sumarah samya/ kami menyerah semua

G                         F#m

Sang Dewi, Sang Dewi,/ Sang Dewi, Sang Dewi,

G                 A   
mangestonana / tolonglah kami
D                          G
Sang Dewi, Sang Dewi,
D         A     D
mangestonana


Nadyan manah getera/ Walau hati tertekan
dipun godha setan/ Digodai setan

Nanging batos engetnya/ tapi kami percaya

nyuwun pitulungan/ akan pertolongan

Wit sang Putri Maria/ Kar'na Ibu Maria

mangsa tega anilar/ akan beserta kita

Sang Dewi, Sang Dewi,
mangestonana (2x)


Interlude
Overtone: Do = E

A                          G#m
Sang Dewi, Sang Dewi,
A                 B
mangestonana
E                          A
Sang Dewi, Sang Dewi,
E          B     E
mangestonana




Selasa, 12 Februari 2013

22 Aminosäure

Neue Buchstaben für Biotechnologen

A Ala Alanin R= CH3
C Cys Cystein R= CH2-SH
D Asp Asparaginsäure R= CH2-COO-
E Glu Glutaminsäure R= CH2-CH2-COO-
F Phe Phenylalanin R= CH2-Benz
G Gly Glycin R= H
H His Histidin R= CH2-5Ring
I Ile Isoleucin R= (C2H5)-CH-CH2
K Lys Lysine R= (CH2)4-NH3+
L Leu Leucin R= CH2- CH3-(CH)-CH3
M Met Methionin R= CH2-CH2-S-CH3
N Asn Asparagin R= CH2-COONH2
O Pyl Pyrrolisin R= (CH2)4-NH-C=0-5Ring
P Pro Prolin R= CH2-CH2-CH2 (V-Form)
Q Gln Glutamin R = CH2-CH2-COONH2
R Arg Arginin R= (CH2)3-NH-(C)-NH-NH2+
S Ser Serine R= CH2-OH
T Thr Threonin R= OH-(CH)-CH3
U Sec Selenocystein R= CH2-SeH
V Val Valin R= CH3-CH-CH3
W Trp Tryptophan R= CH2-Indolrest
Y Tyr Tyrosin R= CH2-Benz-OH

B, J, X und Z gibt es nicht!

Senin, 11 Februari 2013

Chinese New Year 2564

Dua kata bijak pada hari yang berbahagia ini


#1 Aku senang karena aku mendapat sudut pandang yang berbeda, yang sama sekali tidak pernah terpikirkan :)

#2 Merasa lapar itu juga bisa membuat kita merasa senang koq :D


#buffetallyoucaneat
#zurfastenzeit

Kamis, 07 Februari 2013

Doa Seorang Ibu

Kalau anak ada beberapa, kata "dia" diganti "mereka"

DOA SEORANG IBU

Kuserahkan nama dia, ke dalam tanganMu, ya Tuhan
Tulislah nama dia, dengan tinta yang tak terhapuskan agar tak ada siapapun juga yang dapat merebutnya
tidak juga iblis durhaka, mengayaknya seperti gandum celaka

Peganglah tangan dia, bila dia harus kulepaskan
Biarlah dia dilindungi kuatMu, terlepas bebas dari segala kelemahan
Tuhan, Kau tahu betapa hebatnya, dunia membenci dia dengan sewenang-wenang
Jagalah jangan sampai dia tenggelam dalam gelombang cobaan dunia yang kejam

Aku tak meminta agar dia, bebas lepas dari setiap penderitaan
hanya kuminta keberanian dan daya tahan bagi dia dalam ketakutan dan kesepian
Biarlah di dalam namaMu dia beroleh perlindungan dalam satu ikatan yang tak terputuskan
Jangan biarkan dia terasing dari padaMu Tuhan, melainkan akrab setia padaMu sepanjang kehidupan

Kuserahkan nama dia, ke dalam tanganMu ya Tuhan. Amin.


T-T
Doa ini adalah doa yang selalu ibuku doakan di gereja setelah komuni.
Baru-baru ini aku tiba-tiba teringat masa-masa itu lagi dan jadi benar-benar ingin tahu isinya setelah pergi ke gereja bersama seorang temanku di sini. Entah bagaimana, aku merasa bahwa Tuhan waktu itu sedang ingin menunjukkan bahwa ia mewakili figur ibuku di sini.
Penasaran apa sebenarnya isi doanya, aku pergi mencari tahu ketika bermain ke rumah temanku yang lain. Setelah membaca doa ini, spontan mataku berkaca-kaca, aku terharu. Isinya bagus,
terutama di bagian ini

"Aku tak meminta agar dia, bebas lepas dari setiap penderitaan
hanya kuminta keberanian dan daya tahan bagi dia dalam ketakutan dan kesepian"

Pas sekali dengan apa yang kadang-kadang aku rasakan selama studiku di sini.

Terima kasih, ibu, kau telah mendoakan doa ini setiap hari Minggu untuk anak-anakmu T-T


Sekarang saatnya Kris, yang sejak tahun lalu berusia kepala 2 untuk beraksi..
- Ibu sayang kepada anak-anaknya kan ya?
- Kalau anak hanya satu, kata "mereka" diganti "dia" kan ya?
-> Aku juga belakangan ini punya satu orang yang benar-benar aku sayang. Boleh kan aku doakan doa ini untuk dia Tuhan?

"Jangan biarkan dia terasing dari padaMu Tuhan, melainkan akrab setia padaMu sepanjang kehidupan"

Kamis, 24 Januari 2013

Katalisator (2/2) Teil 2

Tulisan kali ini buat menyambung postingan sebelumnya ya.

Kali ini aku akan membahas ulahku sendiri.
Karena ini tentang ulahku sendiri, rasa-rasanya aku tidak perlu menggunakan kalimat-kalimat implisit seperti postingan sebelumnya :D

Aku adalah biang kerok yang ngebikin masalah kecil menjadi masalah besar.
Suatu notulen rapat mengatakan, "... seperti halnya susu untuk anak adalah salah satu program kami.."
Aku merasa bahwa notulen itu benar adanya, karena memang begitulah yang kami sampaikan di rapat waktu itu.

Tetapi salah seorang dari kami mengatakan bahwa, "Notulennya salah, kami tidak mengatakan hal seperti itu. Memang itu ada di file presentasi, tapi kami juga sempat bilang bahwa itu hanyalah contoh adanya inisiatif yang datang dari warga untuk bikin kegiatan".

Sebelumnya, aku sudah sampaikan ke orang ini, bahwa susu ini tidak perlu dimasukkan ke dalam file presentasi, karena memang tidak ada kaitannya dengan institusi yang kami tangani. Tetapi orang ini tetap memasukkannya, dengan alasan "nggak papa, ini contoh inisiatif dari warga".

Masalahnya bermulai di sini, aku coba iseng menanyakan ke pemilik program susu ini apakah dia sudah membaca notulen rapat yang sudah keluar beberapa hari yang lalu.
Awalnya dia tidak mencermati bagian yang aku maksud ini, sampai akhirnya dia menemukannya setelah membacanya 2 kali. Spontan dia langsung membuat group message berisikan beberapa orang yang kira-kira punya andil dalam penyusunan notulen ini untuk dimintai keterangan.

Beberapa menit setelah itu, dimulailah diskusi seru di antara "kami". Diskusi dan melobby. Sampai akhirnya, seorang dari kami meminta maaf kepada si pemilik program susu ini karena programnya telah dianggap dijadikan program kami.

"Notulennya salah, kami sudah ausdrucken kalau ini hanya contoh inisiatif warga, tapi si notulis kelihatannya salah tangkap", demikian permintaan maaf orang ini.

Setelah itu pun notulen diperbaiki dan diiringi permintaan maaf dari perwakilan "kami" dan notulis.


.. dan aku disalahkan oleh tim "kami" karena dinilai telah mengadu domba (iseng2 nanyain si pemilik program apakah sudah baca notulen). Aku sempat jengkel, kenapa sih "kami" nggak mengakui kalau "kami" memang salah? Kenapa malah si notulis yang disalahin..

Well, di sini aku juga mungkin sedikit nggak netral karena beberapa hal. Tapi aku berargumen,
1. Notulen rapat sudah keluar. Cepat atau lambat kan pemilik programnya bisa sadar akan tulisan itu. Aku cuman membantu mempercepat :D
2. Oke, mungkin notulennya memang sudah diganti, tapi aku cukup yakin, sebagian besar orang yang ada di rapat itu memang menangkap kalau susu itu program "kami" (informasi bersifat rancu)
3. Sesuatu yang nggak relevan dengan pemaparan program kami tidak perlu ditulis di sana, bahkan untuk kepentingan apapun.

Oh iya, sebelum ada kesalahpahaman setelah membaca tulisanku ini, aku katakan secara tegas di sini, ini cerita aku susun berdasarkan versiku.
Tidak tertutup kemungkinan ada versi lain :D

Na ja, tapi semuanya telah berakhir. Aku sudah meninggalkan beban kasus ini. Aku tidak jengkel lagi. Aku memaafkan.

Aku juga merasakan sudah sedikit berkembang ke arah yang lebih baik, pola pemikiranku berkembang sedikit demi sedikit.
Aku tidak mau hidup dalam beban dendam dan kebencian, tapi aku mau hidup dalam kasih.
Kalah aku boleh sombong sedikit,
"Menang jadi arang, kalah jadi abu" adalah ajaran dunia ini, tapi
"Jika ditampar pipi kananmu, berikanlah juga pipi kirimu" adalah ajaranNya.


Satu hal yang positif dari ulahku adalah, dalam waktu singkat tadi notulen itu akhirnya diperbaiki juga..
lol :p

Kamis, 10 Januari 2013

Katalisator (2/2) Teil 1

... dan kali ini akhirnya kuseselesaikan tulisanku yang berjudul Katalisator setahun yang lalu (November 2012) :p

Aku mulai ceritanya dengan ulah temanku.
Dalam sebuah kepanitiaan, rapat persiapan adalah sebuah momen yang tepat untuk saling berkoordinasi dan menentukan langkah berikutnya. Ceritanya, karena suatu hal temanku ini tidak bisa ikut rapat. Padahal di rapat ini dibahas beberapa hal yang cukup fundamental bagi persiapan sebuah acara ini, dan karena rapat malam baru selesai jam 03:30 dini hari kami tidak sempat membuat notulen!

Di rapat itu disepakati bahwa kami akan menerapkan plan A terlebih dahulu di acara ini, bila gagal baru akan menerapkan plan B. Temanku tadi tidak ikut rapat, tidak ada notulen rapat, dan dia bukan tipe orang yang berpikiran rumit. Mendengar adanya bisikan "saatnya untuk terapkan plan B", dia spontan langsung menerapkan plan B, bahkan tidak terkontrol sampai jadi plan B+ (karena dia memang tidak ikut rapat persiapan). 
(Pass auf juga di sini, "saatnya untuk terapkan plan B" tadi sifatnya masih bisikan, belum jadi keputusan, sehingga sebenarnya masih perlu dibicarakan lebih lanjut)  

Karena ulah inilah, kami geger satu sama lain. Kenapa sih dia yang terkesan anteng-anteng saja saja selama ini tiba-tiba berulah, dan ulahnya ini menimbulkan masalah..

Untungnya kami kompak dalam satu tim. Adalah tidak penting untuk menyalahkan pihak X, Y, atau Z, yang lebih penting adalah bagaimana kita mencari solusi dari masalah ini.

Dan solusinya adalah
kami akan mengumumkan kepada masyarakat luas secara tertulis, bahwa "plan A yang sudah kami terapkan di awal akan digeser dengan plan B+ karena plan A terbukti tidak cukup sukses".
Dengan demikian diharapkan masyarakat luas ini mengetahui bahwa secara prosedural apa yang kami lakukan sudah benar. Seperti bunyi sebuah iklan di layar kaca: "Ini dulu, baru itu".

Iklan apa hayooo?? lol :p

TAPI untuk mengerjakan solusi ini, seorang teman panitia yang lain mengatakan kendalanya, "Tapi jaringan komunikasi kita untuk menyampaikan hal ini itu masih belum beres". Dan akhirnya, menjadi terkatalisasilah proses pemberesan jaringan komunikasi itu, yang sebelumnya memang sudah sempat tertunda-tunda.

Awal mulanya aku kesel, tapi berkat ulah temanku ini ada hikmah tersendiri yang bisa dipetik: program pemberesan jaringan komunikasi ini akhirnya diingat lagi dan terkatalisasi juga.
(NB. Walaupun sebenarnya sampai sekarang juga masih belum beres-beres juga.
Kelihatannya mesti butuh seseorang yang berulah lagi.. :D)

Sekian dulu tulisan kali ini..
Maaf, ternyata harus bersambung lagi.

Selasa, 08 Januari 2013

Ketulusan

Ketulusan:
Inti dari ketulusan adalah kasih.
Jauhkan dirimu jauh-jauh dari sikap pamrih.

Jangan memasang topeng, jangan menggunakan teknik apapun dalam memberi kebaikan kepada orang lain. Lakukanlah kebaikan itu dengan segenap hatimu.

Dan lakukanlah itu secara personal, curahkanlah seluruh perhatianmu secara utuh, tak terbagi.


Dan karena itulah, aku mengakui keterbatasanku. Aku hanya sanggup memberikan perhatian itu kepada orang-orang di sekitarku. Tuhan, ampuni aku atas ketamakanku.

P.S.
Teman Facebookku yang mula-mula ada 3000 hari ini tinggal 2772 :)
Maafkan aku.

Ketulusan dan Perjuangan

Bahahaha
Selama bulan Desember aku ternyata tidak menulis apapun.. :D

Ihr habt mich sehr inspiriert. Ich danke euch!

Demikian bunyi status yang aku pasang di Facebook, sebelum aku mengakhiri hari yang luar biasa ini.
Aku benar-benar merasa beruntung, karena mendapatkan sahabat-sahabat yang begitu baik di perantauanku yang ke-4 ini.

Salah seorang sahabatku ini telah mengajarkan kelemahlembutan, ketulusan, dan pelayanan.
Sedangkan sahabat yang lain mengajarkan ambisi, kesederhanaan, tanggung jawab, dan perjuangan hidup.

Aku sungguh merasa diingatkan kembali, betapa malasnya ternyata diriku selama ini..


Terima kasih Tuhan, Engkau sungguh-sungguh mau hadir dalam hidupku melalui mereka.
Berkatilah mereka Tuhan, jagailah mereka selalu.


P.S.
Sennin mesum, suatu saat nanti bukumu benar-benar akan membawa angin perubahan besar dalam dunia ninja!

Ada kesalahan di dalam gadget ini