Laman

Rabu, 30 Juni 2010

KePe PETS - 4

KELINCI HIAS

Istilah Kelinci (indonesia), rabbit (Inggris), atau arnab yang digunakan orang Arab atau Malaysia adalah bagian dari dunia satwa yang cukup mengundang ketertarikan setiap orang. Makhluk unik yang memiliki nilai manfaat mulai dari daging, bulu, feses dan air kencingnya ini terus berkembang dan mampu mengisi ruang publik pembicaraan dalam dunia peternakan kita.


Sayangnya, sampai sekarang ini banyak orang yang ingin memelihara namun tidak mudah merealisasikan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya; butuh kandang dan tempat khusus. Karena itu bagi mereka yang tidak punya pekarangan akan sedikit kesulitan untuk memelihara sang kelinci.

Kedua, butuh ketelatenan dalam mengurus dan memperhatikan makanan maupun kesehatan. Ketiga, belum banyaknya stok kelinci di setiap kota sehingga orang tidak mudah mendapatkannya. Sekadar untuk memelihara dalam jumlah terbatas, misalnya dua atau tiga ekor sebagai hewan hias di rumah, barangkali tip berikut ini bisa sedikit membantu.

Pemilihan Kelinci
-Yang pertama dilakukan adalah memilih jenis kelinci yang anda sukai. Anda bisa memilih jenis kelinci berbulu panjang seperti angora, lion, fuzzy lop. Sedangkan kelinci berbulu tebal tapi tidak panjang adalah jenis rex, satin, holand lop, flamish giant, new zealand. Sedangkan kelinci yang memiliki penampilan unik lain adalah jenis hotot dan dutch. Sampai sekarang di Indonesia ada sekitar 30 jenis dari 70 jenis kelinci yang ada di dunia. Namun banyaknya jenis ini sebagian memiliki akar keturunan yang hampir sama. Misalnya, dalam jenis hotot, ada hotot kecil dan hotot besar. Dalam jenis rex terdapat jenis-jenis rex lain semisal rex dulmation, rex mini, dll. Kelinci-kelinci di atas adalah hasil kreasi kawin silang di berbagai negara semenjak tahun 1850an hingga 1960an, di Perancis, Inggris dan Amerika Serikat.


Kelinci Sehat
-Setelah Anda memastikan pilihan pada jenis, giliran saatnya memilih kelinci yang ‘baik’. Perlu diketahui, kelinci sedikit memiliki kelemahan dalam hal fisik, yakni gampang mati. Karena itu memilih kelinci sehat adalah langkah awal yang harus diperhatikan. Pertama, jangan membeli kelinci di bawah umur 1,5 bulan, apalagi jika dibawa perjalanan jauh melebihi 7 jam perjalanan darat. Masa menyusui kelinci antara 32-37 hari. Jika anakan kelinci dipisahkan dari induk di bawah umur tersebut dipastikan tubuhnya rentan penyakit dan gampang mati. Kalau tidak ingin berisiko maka belilah kelinci pada usia di atas 3 bulan dan pada saat menyusui mencapai 37 hari.
-Pemilihan ini tidak mudah mengingat pedagang sering tidak jujur dengan mengatakan kelincinya sudah melewati masa sapih. Bagi pembeli yang belum paham umur kelinci akan mengalami kesulitan karena selisih umur kelinci dari 25 hari hingga 40 hari kadang sulit dideteksi. Dari sisi tubuh, terkadang ada yang kecil namun umurnya sudah cukup, sedangkan sebagian kelinci nampak besar namun umurnya masih dini. Karena itu pembeli haruslah selektif datang ke peternak langsung yang tertib memberikan kalender penanggalan hari lahirnya dan perawatannya baik.

Kandang

-Sekadar untuk hobi, kandang sebaiknya dibuat dari besi dan pagar kawat. Kelinci adalah hewan penggerat di mana gigi-giginya akan tumbuh sepanjang usianya. Akibatnya mereka sering menggerat. Mengerat di besi akan lebih baik ketimbang menggerat kayu. Dengan kandang besi, gigitan kelinci tidak akan kuat merobohkan kayu. Kalaupun kandang besi tergolong mahal, sebaiknya memakai bambu yang baik. Luas kandang tidak boleh sempit. Minimal berdiameter 50×60 cm. Akan lebih bagus jika luasnya 60×70 cm agar kelak saat melahirkan kita tidak bingung menyediakan tempat untuk anak-anaknya. Kandang yang sempit bisa mengakibatkan stress dan kegerahan.
-Kandang harus terang pada malam hari dan mendapat pasokan sinar matahari saat pagi hari. Hindari tikus dan hewan peliharaan seperti kucing dan anjing karena kelinci akan merasa tidak tenteram dengan ketiga hewan tersebut. Kandang harus selalu bersih dari sisa-sisa makanan dan kotoran. Usahakan setiap seminggu sekali dibersihkan dengan memakai obat anti bakteri. Bisa menggunakan anti bakteri yang digunakan untuk peternakan unggas. Kandang juga tidak boleh melompong saat malam hari karena akan membuat kelinci kedinginan (terutama di daerah dingin). Kelinci memang tahan pada suhu dingin, namun tidak tahan terserang angin malam. Jika angin besar, tutup kandang rapat-rapat.

Makanan dan Minuman

-Makanan pokok kelinci adalah rumput. Umbi-umbian, seperti ubi jalar, singkong dan sayuran, termasuk wortel adalah variasi makanan yang tidak boleh diabaikan. Karena rumput belum tentu kita dapatkan, maka sebaiknya menggunakan pelet khusus kelinci. Jika pelet kelinci susah didapat, berikan makanan pelet unggas (yang biasa disebut BR 1, BR 2 dll). Pelet unggas terbuat dari dedak, bijian, bekatul. Karena itu usahakan harus ada serat dari rumput dan sedikit sayuran segar, atau wortel sebagai makanan tambahan.

-Pelet akan memudahkan kita karena bisa ditimbun dalam waktu yang relatif lama. Dengan begitu kita tidak usah bingung makanan pokoknya. Sayuran bisa kita dapatkan sambil belanja ke pasar. Minuman adalah hal yang primer bagi kelinci, apalagi saat kelinci kurang rumput dan sayuran. Jika ada yang mengatakan kelinci tidak butuh minuman karena kadar air pada sayuran dan rumput sudah cukup, ini sebenarnya menyesatkan. Air memang cukup, tapi setiap makhluk hidup memiliki rasa haus sehingga butuh air minum khusus. Minuman kelinci setiap hari cukup setengah gelas. Pada masa kehamilan biasanya minumnya akan lebih banyak.


-Makanan dan kandang sangat menentukan kesehatan kelinci. Kelinci biasanya sangat rawan terserang penyakit mencret terutama di bawah umur 3 bulan. Mencret sering mengakibatkan kematian. Langkah penanganannya adalah dengan menyuntik (pada bagian paha) dengan obat mencret hewan. Obat untuk suntik ini bisa memakai obat yang biasa dipakai untuk menyuntik sapi, kambing atau unggas.

-Kelinci sakit biasanya nafsu makannya menurun drastis. Karena itu perlu memberikan vitamin untuk menambah nafsu makan. Saat mencret, jauhkan makanan berkadar air seperti rumput, sayuran dan wortel. Ganti dengan hay (rumput kering) dan pelet saja. Memelihara kelinci memang sedikit membutuhkan ketelatenan dan ketekunan. Butuh kebiasaan yang baik untuk memperhatikan hewan. Dari situlah nanti kita akan sadar betapa pentingnya kesehatan manusia. Kita bisa belajar dari kelinci tentang banyak hal, mulai dari pola makan yang baik, kebersihan dan kesehatan.

sumber
Farid Ibrahim.

(Naskah ini pernah dimuat di majalah infovet edisi pebruari 2008)

KePe PETS - Hewan Peliharaan Imut dan Keren
Salatiga - Jakarta
blue_whale_1992@yahoo.com
2156CB74
08156564747

Selasa, 29 Juni 2010

KePe PETS - 3

Menjawab PettyStupidia tentang Anjing Shihtzu dan Chow-chow...

Info KePePETS - ANJING SHIHTZU
Anjing Shihtzu


Jika anda menyisir anjing mu setiap harinya, hal ini hanya memerlukan beberapa menit. Selain ini, Shih Tzu juga membutuhkan perawatan dan pemeliharaan tambahan secara berkala. Agar perawatan setiap harinya akan lebih mudah, saya merekomedasikan agar anda menyesuaikan anjing anda pada beberapa sesi berikut dibawah, sejak mereka masih anakan.

Merawat Bulu

-Bulu Shih Tzu jauh lebih mudah untuk disisir apabila disemprotkan dengan air atau cairan khusus yang akan mengurangi kusut. Setalah bulu Shih Tzu anda lembabkan, anda dapat menyisirnya sampai bulu kering, lalu spray lagi apabila diperlukan. Penyisiran ringan setiap harinya dan perawaatan penuh dalam setiap minggunya akan mencegah kusut.


-Ketika menyisir, mulailah dari bagian dada, bagian bawah (perut) , dan bagian dalam kaki. Terlentangkan anjing anda, dan spray cairan khusus pada bulunya, dan sisirlah dengan bristle brush. Bagi bulu menjadi beberapa bagian dan sisirlah menurut bagian tersebut stu persatu. Setelah anda selesai menyisir pada bagian perut dan dada, guna slicker untuk merapikan bubu-bulu halus yang ada pada daerah kaki.


-Balik anjing anda pada sisi belakan (yang belum di sisir) agar anda dapat menyisir bagian siku paha dan badan. Spraykan lagi pada bulu-bulu dan sisirlah dari bagian paling dalam (mendekati kulit). Setelah semuanya selesai, biarkan anjing anda untuk membalikan badannya (terlentang). Spraykan dan bagi bulu menjadi beberapa bagian dari bagian dari ujung kepala sampai dengan ujung ekor. Sisirlah bulu-bulu panjang yang paling luar lalu sisir dengan comb, sampai halus (tanpa ada yang kusut/ menyangkut); lalu spray dan sisirlah sampai bagian ekor. Langkah terakhir adalah menyisir dan memastikan bulu di sekitar mata, muka, kumis, jengot sudah halus (tanpa kusut) menggunakan sisir bergigi rapat (khusus untuk muka dan kumis).

-Bagian rutin dalam merawat Shih Tzu, anda harus mencukur bulu yang berlebih, diantara jari-jari sependek mungkin. Ini akan mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi dan akan menambah daya tarik akan kerapihan anjing anda. Bila anda menemukan ada bulu yang sangat kusut, coba untu gunakan minyak khusus untuk bulu. Minyak ini dapat digunakan langsung pada bulu yang kusut agar lebih mudah di sisir.

-Bila perlu, anda dapat mengikat bulu di atas kepala Shih Tzu anda (dianatara mata). Sewatu anda telah selesai sesi mengrooming/ merapihkan, pujilah anjing anda dengan kata-kata pujian, bermain dan bermanja-manja ria dengan nya.

-Selalu perhatikan tanda-tanda adanya parasit pada saatanda mengrooming Shih Tzu kesayangan anda. Apabila anda dapati tanda-tanda adanya kutu, segera selesaikan masalah ini. Hubungi dokter hewan anda, apabila anda sesuatu yang janggal.


Merawat, Membersihkan Mata dan Telinga

-Dalam perawatan mingguan anjing anda, perhatikan kebersihan telinga Shih Tzu anda. Gunakan produk pembersih telingga yang tersedia di pasaran untuk membersihkan kotoran pada telinga. Untuk membersihkan telinga, buka telinga dengan satu tanggan anda dan bersihkan dengan menggunakan bola kapas yang direndam dalam cairan pembersih telinga. Gunakan bola kapas yang baru dalam membersihkan setiap telinga. Anda

dapat membersihkan bagian paling luar dari telinga dengan kapas biasa yang telah di rendam pada cairan pembersih telinga.

-Juga periksa mata Shih Tzu anda secara terature untuk memastikan bahwa mereka bebas dari kuman dan bakteri. Gunakan bola kapas lembab (yang direndam dalam air hangat) untuk membersihkan kotoran di sekitar mata anjing anda. Ingat, gunakan kapas yang baru untuk setiap mata. Apabila anda menemui adanya radang dan sakit mata, hubungi dokter hewan anda.

sumber Sucher, Jaime., 2000, Shih Tzu A Complete, Pet Owner's Manual, Barron's Educational Series, New York.

KePe PETS - Hewan Peliharaan Imut dan Keren
Salatiga - Jakarta
blue_whale_1992@yahoo.com
2156CB74
08156564747

KePe PETS - 2

Stand Pameran KePe PETS!

Sehubungan dengan akan diadakannya reuni akbar 20 tahun SMA TN, KePe PETS menggelar stand pameran hewan-hewan peliharaan yang imut-imut dan keren-keren beserta perlengkapannya.
Berikut ini daftar hewan peliharaan yang kemungkinan besar akan kami bawa pada pameran tersebut
1. Kelinci hias
2. Hamster
3. ...

Bagi Saudara/i yang berminat memelihara hewan-hewan peliharaan yang tercantum di atas maupun ingin supaya KePe PETS membawakan hewan-hewan lain yang belum tercantum di atas pada stand pameran nanti, dapat memesan atau menghubungi mulai hari ini ke

KePe PETS
Salatiga - Jakarta
blue_whale_1992@yahoo.com
2156CB74
08156564747


Info:
Pameran akan diadakan pada hari Sabtu-Minggu, 17-18 Juli 2010 di SMA Taruna Nusantara Magelang

KePe PETS

Tips Merawat Rambut Kucing

Eit, jangan salah.. Memelihara kucing di rumah, nggak cuman buat nangkep tikus doang. Kucing hias itu ada dan mereka imut-imut. Nih fotonya..


Nah, berikut ini KePe PETS bakal kasih tahu gimana tips-tips buat merawat rambutnya...
0. Bikin si kucing seneng! Jangan sampai stres.
1. Pastikan bak untuk kotoran kucing selalu bersih.
2. Mandiin si kucing pakai sampo minimal 1 bulan sekali.
3. Sesekali, perlu diajak jalan ke salon kucing.
4. Hindari nasi ikan asin, mereka bikin rambut si kucing rontok.
5. Kasih si kucing makanan yang mengandung zat buat anti rontok.
6. Sehabis mandi dan bangun tidur, rambut kucing perlu disisir.
7. Semprotkan obat kutu dan jamur sesekali.

by KePe PETS
Salatiga - Jakarta
blue_whale_1992@yahoo.com
2156CB74 
08156564747


sumber http://kaliberasi.blogspot.com

Kamis, 24 Juni 2010

Bengkel Mobil di Salatiga?

Ceritanya nih, gue bingung banget waktu pergi ke Salatiga. Mobil gue tiba-tiba mogok di jalan. Gue kagak punya saudara atau kerabat di Salatiga nih. Gue harus gimana?

Tiba-tiba gue lihat plang gedhe ni
Langsung aja deh gue tanya 108 nomor telepon Service Dadi Langgeng itu.. 0298-327295! Oke! Setelah gue telepon nih, dalam 5 menit udah ada mobil yang njemput mobil gue... Mobil gue langsung dipriksa di situ... Tiba-tiba si montir ngluarin jepit buaya gedhe yang dipakai buat nyambungin aki mobil dia ma mobil gue...

"Akinya nggak mau ngisi Mas, saya bawa ke bengkel aja ya...". Gue mah manut2 aja, secara gue kagak punya pilihan lain..
Mobil gue diderek sampai ke Servis Mobil Dadi Langgeng ini...


Sambil mobil gue diperbaiki, iseng-iseng gue keliling nih bengkel, terus ngelihat tulisan- tulisan ini


wuih..! Tune Up, Spooring, Balancing, Ganti Oli, Suku Cadang, AC, Variasi, Perbaikan... Gila juga ya... Di Salatiga ada bengkel mobil dengan layanan sekomplit ini...
Sekitar 30 menit kemudian, mobil gue udah jadi... Udah OK! Gue bisa jalan lagi nih...
"Mbayarnya berapa Om?" "Rp 40.000,00 aja Pak", kata Om itu...

Gilee..! Servis yang memuaskan, harga yang ekonomis menurut gue...
Gue langsung minta kartu nama nih bengkel

SERVIS MOBIL DADI LANGGENG
Jalan Patimura 111A Telp.327295
-Nitrogen
-Balancing R12 ... 17
-Spooring
-Freon AC 12 - R 134
-Perbaikan
-Ganti Oli
Servis Murah Bergaransi

Sip banget deh ni bengkel. Mobil gue udah 2 tahun ini belum pernah masuk bengkel lagi... Kayaknya nih berkat tangan dingin montir-montir DADI LANGGENG... Ciamik pol..! Boleh dicoba..!

Bengkel mobil di Salatiga? Ya, DADI LANGGENG jawabnya..!

Bingung mau naik apa ke Bandara Soekarno Hatta - Jakarta?

Bingung mau naik apa ke Bandara Soekarno Hatta - Jakarta?

PERUM DAMRI melayani dengan bus eksekutif..!
Dari dan ke Bandara Soekarno Hatta - Jakarta
-Pool DAMRI Kemayoran (Jalan Angkasa 17B)
-Gambir (Belakang Stasiun Kereta Api Gambir)
-Rawamangun (Dalam Terminal Bus Kota Rawamangun)
-Blok M (Depan SMA 6, Belakang Blok M Plaza)
-Kampung Rambutan - Pasar Minggu - Lebak Bulus

Waktu itu, aku mau terbang ke Semarang (SRG) dari Cengkareng (CGK) jam 6 pagi.. Aku bingung, mau naik apa ke bandara.. Naik Taksi, mbayarnya Rp 70.000,00.
Akhirnya seorang teman menyarankan," Naik Bus DAMRI aja..!" TaQ coba deh tu saran...

Finally, taQ temuin Bus DAMRI itu di depan SMA 6, belakang Blok M plaza itu...
"Rp 20.000,00/orang, kami standby dari jam 4 pagi, dan berangkat secara periodik setiap 30 menit... Sampai bandara kurang lebih 1 jam..."
TaQ ambil deh bus DAMRI ini...

Pagi-pagi aku bangun, jalan dikit sampe Bus DAMRI ini... Aku naik deh...
Sampai di sana, aku bingung, mau turun di terminal berapa. Secara, Bandara Soekarno Hatta tu gedhe banget...

Untungnya, di balik karcis bus DAMRI itu ada info penerbangan...-
-LION AIR Terminal 1A
-WINGS AIR Terminal 1A
-SRIWIJAYA AIR Terminal 1B
-BATAVIA AIR Terminal 1B
-CITY LINK Terminal 1C
-GARUDA Terminal 2F
-MERPATI Terminal 2F
-AIR ASIA Terminal 2D (Internasional)
-MANDALA AIR Terminal 3 (Domestik)
-AIR ASIA Terminal 3 (Domestik)

Aku naik Mandala waktu itu, langsung aja aku turun di Terminal 3...
Alhamdulilah... Boarding tepat waktu, take off, landing...
Dan akhirnya aku tiba di Semarang..!

Terima kasih Bus DAMRI..!
Kalau aku ke Jakarta lagi, aku pasti bakal naik bus DAMRI lagi buat mencapai blok M..!
Alhamdulilah aku tinggal di deket blok M...

Rabu, 23 Juni 2010

Tradisi Prestasi SMA Taruna Nusantara dalam Olimpiade Sains 2010

Tradisi Prestasi SMA Taruna Nusantara
dalam Olimpiade Sains 2010

International Chemistry Olympiad ke-42 di Jepang:
Agung Hartoko

Peserta OSN 2010
Matematika:
Yudha Pratama dan M.Sena Lupdika

Komputer:
Ridho Akbarisanto dan Reza Abdurahman

Kimia:
Berli Kusuma, Laurensius Danis, dan Yosandi Calimanto

Biologi:
Ruli Aulia dan Husni Muarif

Fisika:
Teguh Imam Dirgantara

Kebumian:
Andrean Eka Lucianto

Ekonomi:
Aldo Egi Ibrahim dan Surya Aditama Mahardika

Astronomi:
Evan Budianto, Himawan Ramadan, dan Agustinus Benyamin

Selamat Berjuang dan Go Get Golds..!

Selasa, 22 Juni 2010

Siswa SMA TN Raih Penghargaan

Siswa SMA TN Raih Penghargaan
Sabtu, 19 Juni 2010 23:42:00
Dirjen Pothan RI saat memberi ucapan selamat kepada salah satu siswa peraih penghargaan. (Foto: Thoha)

MAGELANG (KRjogja.com) - 306 siswa kelas X SMA Taruna Nusantara Magelang dinyatakan naik semua, dengan catatan 2 siswa dinyatakan naik bersyarat. Dua siswa tersebut terdiri dar1 satu siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan.

Demikian dikemukakan Kepala SMA TN Magelang Laksama Pertama TNI (Purn) Ir Djoko Sasongko dalam laporannya yang disampaikan di forum upacara penutupan pendidikan dan prasetya alumni SMA TN Angkatan ke-18 Tahun 2007-2010 di Balairung Pancasila SMA TN Magelang, Sabtu (19/6).

Menteri Pertahanan Prof Dr Purnomo Yusgiantoro dalam kesempatan ini diwakili Brigjen TNI Budi Susilo Supandji, Dirjen Pothan Kementerian Pertahanan RI. Juga dilaporkan, siswa Guinandra Luthfan Jatikusumo berhasil meraih penghargaan Garuda Sakti Tri Sakti Taruna Tama Emas. Sedang untuk perak diraih Kristanto Irawan Putra, dan perunggu diraih Tegar Aji Widhiwardhana.

Penghargaan Bintang Garuda Tri Sakti Taruna Tama diberikan kepada siswa lulusan terbaik pada kebulatan tiga aspek (akademik, kepribadian dan kesamaptaan jasmani).

Dalam kesempatan ini juga diserahkan penghargaan Kartika Cendekia, yang diberikan kepada lulusan terbaik aspek akademik yang memperoleh nilai tertinggi pada Ujian Nasional dan Ujian Sekolah. Untuk program IPA, diberikan kepada Agung Hartoko. Untuk program IPS, diberikan kepada Yoga Aprianto Aldila.Kelas XI berjumlah 202 untuk program IPA, dan 80 siswa program IPS. Semuanya naik kelas. Untuk kelas XII program IPA jumlah 236 dan program IPS 59 siswa, semuanya lulus.

Pada UN 2010 ini, untuk program Ilmu Pengetahuan Alam nilai tertinggi sebesar 56,50 atau memperoleh nilai rata-rata 9,28 dan untuk seluruh siswa jumlah nilai 49,40, atau memperoleh rata-rata setiap mata pelajaran 8,23. Untuk program Ilmu Pengetahuan Sosial, jumlah nilai tertinggi 51,90 atau rata-rata 8,65, dan rata-rata jumlah nilai siswa Ilmu Sosial 45,66 atau rata-rata untuk setiap mata pelajaran 7,61.

Siswa Guinandra Luthfan Jatikusumo juga peraih medali emas pada International Conference of Young Svientiest di Polandia Tahun 2009 lalu, dan peraih medali perak pada ASEAN Science Camp 2009 di Jepang.

Siswa Wismaya Adui Purnama, peraih medali emas pada Global Enterprise Challenge 2009 di Skotlandia, dan peraih medali emas pada ASEAN Science Enterprise Challenge 2009. Siswa Yuda Nur Fatihah merupakan 1st Winner in Writing Short Story About The Future of ASEAN in 40th ASEAN Aniversary 2008. Siswa Agung Hartoko, sebagai tim Olimpiade Kimia Indonesia dan Participant ICHO 2010 di Jepang.

Sementara itu Menteri Pertahanan Prof Dr Purnomo Yusgiantoro dalam sambutan tertulisnya, yang dibacakan Dirjen Pothan, diantaranya menyebutkan pemerintah benar-benar memandang SMA TN sebagai salah satu aset nasional di bidang pendidikan yang sangat berharga. Oleh karenanya wajar jika pemerintah dan masyarakat merasa memiliki dan bertanggungjawab atas kelangsungan dan peningkatan kualitasnya. (Tha)

diambil dari http://www.krjogja.com/krjogja/news/detail/37710/Siswa.SMA.TN.Raih.Penghargaan.html

Alumni Taruna Nusantara Perekat Bangsa

Alumni Taruna Nusantara Perekat Bangsa

Sabtu, 19 Juni 2010 | 13:16 WITA

MAGELANG, tribunkaltim.co.id - Para alumni SMA Taruna Nusantara di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, mengemban tugas penting sebagai perekat dan sekaligus pilar atas kukuhnya persatuan Bangsa Indonesia pada masa mendatang.
Kalian sebagai alumni SMA Taruna Nusantara (TN) akan menjadi perekat sekaligus pilar persatuan bangsa.
-- Purnomo Yusgiantoro

"Kalian sebagai alumni SMA Taruna Nusantara (TN) akan menjadi perekat sekaligus pilar persatuan bangsa," kata Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro.

Menhan mengatakan hal itu dalam sambutan tertulis saat Penutupan Pendidikan dan Prasetya Alumni Angkatan XVIII SMA Taruna Nusantara yang dibacakan Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kemhan, Budi Susilo Supandji, di Magelang, Sabtu.

Mereka, katanya, bersama-sama dengan komponen kekuatan bangsa yang lain membangun Indonesia untuk mencapai masyarakat madani yang maju, adil, makmur, aman, damai, dan sejahtera berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Ia mengatakan, para alumni akan mulai terjun ke dunia yang lebih luas dan berbeda dengan situasi kehidupan di asrama.

Mereka, katanya, harus secara pandai membawakan diri dengan memegang teguh jati diri sebagai lulusan sekolah unggulan yang menekankan kepada penanaman berbagai nilai pendidikan nasionalisme dan patriotisme itu.

"Jangan mudah terombang-ambing oleh keadaan yang dapat menjerumuskan kalian. Dunia dan lingkungan strategis akan selalu bergerak dan berubah. Harus kalian ingat baik-baik bahwa tidak ada yang abadi di dunia ini kecuali perubahan itu sendiri," katanya.

Ia menyatakan, sukses para alumni di dunia kerja dan profesi harus selalu berlandaskan kepada jiwa kebangsaan, nasionalisme, dan patriotisme yang kukuh. Keberadaan Bangsa Indonesia yang majemuk, katanya, terbukti rentan terjadinya desintegrasi.

Ia mengatakan, generasi muda Indonesia yang bersatu merupakan modal terbesar untuk membangun bangsa dan negara menuju kemajuan pada masa mendatang.

Sebanyak 295 lulusan SMA TN 2010 menjalani wisuda. Mereka terdiri atas Program Ilmu Pengetahuan Alam 236 lulusan dan Ilmu Pengetahuan Sosial 59 lulusan.

Bintang Garuda Tri Sakti Taruna Tama yang merupakan penghargaan kepada lulusan berprestasi terbaik untuk kebulatan aspek akademik, kepribadian, dan kesamaptaan jasmani diraih oleh Guinandra Luthfan Jatikusumo (medali emas), Kristanto Irawan Putra (perak), dan Tegar Aji Widhiwardhana (perunggu).

Penghargaan Kartika Cendekia yang merupakan lulusan terbaik untuk aspek akademik berdasarkan pencapaian nilai tertinggi ujian nasional dan ujian sekolah diraih oleh Agung Hartoko (Program IPA) dan Yoga Aprianto Aldila (IPS).(ANT)

Diambil dari http://www.tribunkaltim.co.id/read/artikel/60029

Persebaran Atmosphere per 1 Agustus 2010 (3 hari setelah jadi Alumni)

PERSEBARAN
Atmosphere
(Last Update 22 Juni 2010) Per 1 Agustus 2010

Catatan: 127 orang..!
GUINANDRA LUTHFAN JATIKUSUMO Teknik (Engineering) Australia National University

PAULUS ANITYO PRABOWO Sistem Informasi BINUS

FARZIKHA INDRABHASKARA SOERONO Bisnis Ekonomi (Business Economics and Economics) Erasmus Univ. Rotterdam, Belanda

IRFAN DHANY YAFFA SEMBIRING Euro Management

THOMSON DELON Teknik Sipil (Civil Engineering) INTI University College, Malaysia

ADITYA MULYA PRATAMA FITB (Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian) ITB
ARIFIN AKHMAD FITB (Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian) ITB
BANGKIT ADHI NUGRAHA FITB (Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian) ITB
FAHMI ROSDIANA FITB (Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian) ITB
MUHAMMAD WAKHID PRAMUDJATI FITB (Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian) ITB
ANGELITA AUSSIE NURHADI FSRD (Fakultas Seni Rupa dan Desain) ITB
YUDHISTIRA ADINEGORO FSRD (Fakultas Seni Rupa dan Desain) ITB
ATIKA SALMA FTI (Fakultas Teknologi Industri) ITB
CORELYA ERINDAH ARISTIA FTI (Fakultas Teknologi Industri) ITB
DIONISIUS SUNDORO FTI (Fakultas Teknologi Industri) ITB
IMAM NUGRAHA FTI (Fakultas Teknologi Industri) ITB
MUHAMMAD YOGA PRABOWO FTI (Fakultas Teknologi Industri) ITB
NILA LAYLA MELINDA FTI (Fakultas Teknologi Industri) ITB
ADLY RANGGANA DITYA FTMD (Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara) ITB
DIBAGUS ARYOSETO FTMD (Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara) ITB
LUTHFI HAKIM FTMD (Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara) ITB
DIFRA ANDRIA FTSL (Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan) ITB
IRFAN NURHADI FTSL (Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan) ITB
MUHAMMAD SATRYA DEWANTARA FTSL (Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan) ITB
TRIA OKTAVIANI FTSL (Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan) ITB
ARIA MUKTI SUNGKONO FTTM (Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan) ITB
DAVID PARNINGOTAN MANURUNG FTTM (Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan) ITB
DERIE CAMARA EKA PUTRA FTTM (Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan) ITB
JACKIE FTTM (Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan) ITB
YUDHISTIRA ADINUGRATAMA FTTM (Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan) ITB
HANNY AQMARINA SBM (Sekolah Bisnis dan Manajemen) ITB
MARIA YESI NOVIANA PUTRI SF (Sekolah Farmasi) ITB
MUHAMMAD FAJAR KURNIAWAN STEI (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika) ITB
PUTI HARIFIA AMANAH STEI (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika) ITB
RANDY MARIO SIHOMBING STEI (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika) ITB
RIYANDA ANGGARA PUTRA STEI (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika) ITB
RYAN ALDIANSYAH AKBAR STEI (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika) ITB
AWIDIA ESWANDARI JUWITA Teknik Metalurgi ITB
MUHAMMAD IKHWANTO Teknik Metalurgi ITB
MAULANA RIZKY HARDIANTO ITB
PRIAMBODO ARIEWIBOWO ITB

GERRY ANGGACIPTA Ilmu Komputer (Computer Science) NTU
WIDYA AGENG SETYO TUTUKO Teknik Elektro (Electrical Engineering) NTU

GONZAGA FLOROZENTRIK AMARDIKA Bisnis IT Oxford International Academy, Inggris

ANINDITA ARUM Administrasi Manajemen (Management and Administration) Raffles International Academy, Cina

ERLANGGA IBRAHIM Teknik Elektro (Electrical Engineering) Saxion Univ. of Applied Science, Belanda

ARIEF MOCHAMAD DHARMAWAN STEM
AULIA DWI AYU PALUPI STEM
ELNI VERAWATI STEM
FERRY BUDI SENTOSA STEM
HENDRY PRAMUDIPTA SUMASA PUTRA STEM
INDRA PRADITYA STEM
M FATAH YASIN STEM
RETNO WAHYUNING ASTUTI STEM
SAIFUL ARIFIN WAHYU WIBOWO STEM
TIKA RIANNA ISWARDHANI STEM

MOCHAMAD REZA RAHMAN Teknik Industri STT Telkom
NITA AYU SYLVIA Teknik Industri STT Telkom

RIZKY ANADA PUTRA Akuntansi Internasional Trisakti

ARIEF SYAHBUDI NUGRAHA Akuntansi UGM
TENDY GIANTORO Bisnis Internasional UGM
IFANI AMALIA SAKTININGTYAS Farmasi UGM
NAUVAL ARRAZY ASAWIMANDA Farmasi UGM
AMELIA WIDIYANI Geologi UGM
REYNALDO KRISSANCHA AZARYA Hubungan Internasional UGM
ESA PRATAMA PUTRA DAELI Hukum UGM
PINKADELA MASHITTA Hukum Internasional UGM
VIERNA TASYA WENSATAMA Hukum Internasional UGM
ADITYA HALINDRA FARIDZKI Ilmu Ekonomi UGM
DANTE FACHRUL BARCENANDI Ilmu Ekonomi UGM
TRAHEKA ERDYAS BIMANATYA Ilmu Ekonomi UGM
FERRY ELHAS Kedokteran Gigi UGM
STELLA ADVENA ANINDITA Kedokteran Gigi UGM
NURDYSA DILIANA PUTRI Kedokteran Hewan UGM
AGUNG HARTOKO Kedokteran Umum UGM
DANANG SETIA BUDI Kedokteran Umum UGM
ERYNA AYU NUGRA DESITA Kedokteran Umum UGM
GALIH PRASETYA SAKADEWA Kedokteran Umum UGM
GHAZA MONTHY AMOS Kedokteran Umum UGM
PRAMANA PANANJA PUTRA Kedokteran Umum UGM
CAMELIA PONDRA DEWANTARIE Kedokteran Umum Internasional UGM
FARIZ AFRISTYA PUTRA Kedokteran Umum Internasional UGM
HELMY SURYA H. Kedokteran Umum Internasional UGM
MARVIN GIANTORO Kedokteran Umum Internasional UGM
STEPHANIE SUTRISNO Kedokteran Umum Internasional UGM
ANNISA FEBRIANASARI Komunikasi UGM
BOVI SAGITA SUDIBYO Teknik Industri UGM
MUHAMMAD AUDI YUSUF Teknik Industri UGM
ESA ANNAS ARRAKHMAN Teknik Kimia UGM
MOCHAMAD FADEL RAHMAN Teknik Kimia UGM
RANGGA DWI ANGGONO Teknik Mesin UGM
BESTARI AZAM MALIK Teknologi Pangan UGM

SIGIT SURYO NUGROHO Hubungan Internasional UI
KEVIN DENOWASYAH WIDYAPUTRA Hukum UI
NADIA SEKARSARI ANINDYATI Hukum UI
PUSPASARI NURMALADEWI Hukum UI
SETYANING KARTIKA RINI Hukum UI
YOSUA TRIYOGI NUGRAHA NADAPDAP Ilmu Ekonomi UI
IKHWANULIMAN PUTERA Kedokteran Umum UI
FEKHAZA ALFARISSI Kedokteran Umum Internasional UI
MUHAMMAD AKBAR PRADIKTO Kedokteran Umum Internasional UI
PRATHAMA WIBISONO Kedokteran Umum Internasional UI
HADYAN ZAKI NUGRAHA Komunikasi UI
SUCI KHAIRUNISA NABBILA Kriminologi UI
INTAN PERMATA SARI KARMA Teknik Industri UI
WISMAYA ADI PURNAMA Teknik Industri UI

RESTU DWI KURNIANTO Hukum UII

YULIUS TRIATMOKO Komunikasi UMN

FITRIA SHIRLEY MELINDA MULYANTO Kedokteran Umum UMS, Solo

DINDA ROZITA MAHARANI Kedokteran Umum UNAIR
GALAN BUDI PRASETYA Kedokteran Umum UNAIR

RHEZA RAHADHITYA Akuntansi UNDIP
JALU ADI PRATOMO Hukum UNDIP
NUR MUHAMAD ARJANARDI Kedokteran Umum UNDIP

MUHAMMAD FATA ALDILLA Akuntansi Universitas Bakrie

ADAM NURACHMAD GAGAK PRANOLO Hukum UNPAD
AYUNDA SHABRIANI TYARA Psikologi UNPAD

ANDRATAMI DJAJADININGRAT Arsitek UNPAR
ANDHIRA NATANAEL ARYAGUNA Manajemen UNPAR

EKA SATRIO PUTRA Kedokteran Umum UNS
OKTI RAHMAWATI Kedokteran Umum UNS

I NGURAH ARDHI WIRATAMA Kedokteran Umum UNSOED

AGUS PUTU WILAKSANA SESA S. Yayasan Indonesia-Jerman
GABRYELLA CHRISTI GLORIA TOMBENG Yayasan Indonesia-Jerman
IGNATIUS ALEV EMILTON Yayasan Indonesia-Jerman
KRISTANTO IRAWAN PUTRA Yayasan Indonesia-Jerman
SULTAN BUSSAL LASTAZI Yayasan Indonesia-Jerman

Catatan: 127 orang..!
So schnell wie mőglich (=as soon as possible), lebih cepat lebih baik. Sekali lagi, tujuan utama pembuatan Persebaran Atmosphere per 1 Agustus 2010 ini adalah untuk persiapan SG 2011 – SG kita!

NB.
Tetap semangat buat teman-teman yang ikut SNMPTN, Tes AKPOL, Pantukhir, tes STAN, kursus bahasa, maupun yang lainnya..! Terbanglah bersama, gapailah asa, buktikan pada dunia..!

Update-Update Terbaru Data Persebaran Alumni dapat dilihat di http://kipgogreen.blogspot.com

Minggu, 13 Juni 2010

Persebaran Atmosphere per 1 Agustus 2010 (Setelah Pengumuman USM-Pusat ITB)

PERSEBARAN
Atmosphere
(Last Update 14 Juni 2010) Per 1 Agustus 2010

GUINANDRA LUTHFAN JATIKUSUMO Teknik (Engineering) Australia National University

PAULUS ANITYO PRABOWO Sistem Informasi BINUS

FARZIKHA INDRABHASKARA SOERONO Bisnis Ekonomi (Business Economics and Economics) Erasmus Univ. Rotterdam, Belanda

IRFAN DHANY YAFFA SEMBIRING Euro Management

THOMSON DELON Teknik Sipil (Civil Engineering) INTI University College, Malaysia

ADITYA MULYA PRATAMA FITB (Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian) ITB
ARIFIN AKHMAD FITB (Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian) ITB
BANGKIT ADHI NUGRAHA FITB (Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian) ITB
FAHMI ROSDIANA FITB (Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian) ITB
MUHAMMAD WAKHID PRAMUDJATI FITB (Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian) ITB
ANGELITA AUSSIE NURHADI FSRD (Fakultas Seni Rupa dan Desain) ITB
YUDHISTIRA ADINEGORO FSRD (Fakultas Seni Rupa dan Desain) ITB
ATIKA SALMA FTI (Fakultas Teknologi Industri) ITB
CORELYA ERINDAH ARISTIA FTI (Fakultas Teknologi Industri) ITB
DIONISIUS SUNDORO FTI (Fakultas Teknologi Industri) ITB
IMAM NUGRAHA FTI (Fakultas Teknologi Industri) ITB
MUHAMMAD YOGA PRABOWO FTI (Fakultas Teknologi Industri) ITB
NILA LAYLA MELINDA FTI (Fakultas Teknologi Industri) ITB
ADLY RANGGANA DITYA FTMD (Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara) ITB
DIBAGUS ARYOSETO FTMD (Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara) ITB
LUTHFI HAKIM FTMD (Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara) ITB
DIFRA ANDRIA FTSL (Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan) ITB
IRFAN NURHADI FTSL (Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan) ITB
MUHAMMAD SATRYA DEWANTARA FTSL (Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan) ITB
TRIA OKTAVIANI FTSL (Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan) ITB
ARIA MUKTI SUNGKONO FTTM (Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan) ITB
DAVID PARNINGOTAN MANURUNG FTTM (Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan) ITB
DERIE CAMARA EKA PUTRA FTTM (Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan) ITB
JACKIE FTTM (Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan) ITB
YUDHISTIRA ADINUGRATAMA FTTM (Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan) ITB
HANNY AQMARINA SBM (Sekolah Bisnis dan Manajemen) ITB
MARIA YESI NOVIANA PUTRI SF (Sekolah Farmasi) ITB
MUHAMMAD FAJAR KURNIAWAN STEI (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika) ITB
PUTI HARIFIA AMANAH STEI (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika) ITB
RANDY MARIO SIHOMBING STEI (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika) ITB
RIYANDA ANGGARA PUTRA STEI (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika) ITB
RYAN ALDIANSYAH AKBAR STEI (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika) ITB
AWIDIA ESWANDARI JUWITA Teknik Metalurgi ITB
MUHAMMAD IKHWANTO Teknik Metalurgi ITB
MAULANA RIZKY HARDIANTO ITB
PRIAMBODO ARIEWIBOWO ITB

GERRY ANGGACIPTA Ilmu Komputer (Computer Science) NTU
WIDYA AGENG SETYO TUTUKO Teknik Elektro (Electrical Engineering) NTU

ARIEF MOCHAMAD DHARMAWAN STEM
AULIA DWI AYU PALUPI STEM
ELNI VERAWATI STEM
FERRY BUDI SENTOSA STEM
HENDRY PRAMUDIPTA SUMASA PUTRA STEM
INDRA PRADITYA STEM
M FATAH YASIN STEM
RETNO WAHYUNING ASTUTI STEM
SAIFUL ARIFIN WAHYU WIBOWO STEM
TIKA RIANNA ISWARDHANI STEM

MOCHAMAD REZA RAHMAN Teknik Industri STT Telkom

RIZKY ANADA PUTRA Akuntansi Internasional Trisakti

ARIEF SYAHBUDI NUGRAHA Akuntansi UGM
TENDY GIANTORO Bisnis Internasional UGM
IFANI AMALIA SAKTININGTYAS Farmasi UGM
NAUVAL ARRAZY ASAWIMANDA Farmasi UGM
AMELIA WIDIYANI Geologi UGM
REYNALDO KRISSANCHA AZARYA Hubungan Internasional UGM
ESA PRATAMA PUTRA DAELI Hukum UGM
PINKADELA MASHITTA Hukum Internasional UGM
VIERNA TASYA WENSATAMA Hukum Internasional UGM
ADITYA HALINDRA FARIDZKI Ilmu Ekonomi UGM
DANTE FACHRUL BARCENANDI Ilmu Ekonomi UGM
TRAHEKA ERDYAS BIMANATYA Ilmu Ekonomi UGM
FERRY ELHAS Kedokteran Gigi UGM
STELLA ADVENA ANINDITA Kedokteran Gigi UGM
NURDYSA DILIANA PUTRI Kedokteran Hewan UGM
AGUNG HARTOKO Kedokteran Umum UGM
DANANG SETIA BUDI Kedokteran Umum UGM
ERYNA AYU NUGRA DESITA Kedokteran Umum UGM
GALIH PRASETYA SAKADEWA Kedokteran Umum UGM
GHAZA MONTHY AMOS Kedokteran Umum UGM
PRAMANA PANANJA PUTRA Kedokteran Umum UGM
CAMELIA PONDRA DEWANTARIE Kedokteran Umum Internasional UGM
FARIZ AFRISTYA PUTRA Kedokteran Umum Internasional UGM
HELMY SURYA H. Kedokteran Umum Internasional UGM
MARVIN GIANTORO Kedokteran Umum Internasional UGM
STEPHANIE SUTRISNO Kedokteran Umum Internasional UGM
ANNISA FEBRIANASARI Komunikasi UGM
BOVI SAGITA SUDIBYO Teknik Industri UGM
MUHAMMAD AUDI YUSUF Teknik Industri UGM
ESA ANNAS ARRAKHMAN Teknik Kimia UGM
MOCHAMAD FADEL RAHMAN Teknik Kimia UGM
RANGGA DWI ANGGONO Teknik Mesin UGM
BESTARI AZAM MALIK Teknologi Pangan UGM

SIGIT SURYO NUGROHO Hubungan Internasional UI
KEVIN DENOWASYAH WIDYAPUTRA Hukum UI
NADIA SEKARSARI ANINDYATI Hukum UI
PUSPASARI NURMALADEWI Hukum UI
YOSUA TRIYOGI NUGRAHA NADAPDAP Ilmu Ekonomi UI
IKHWANULIMAN PUTERA Kedokteran Umum UI
FEKHAZA ALFARISSI Kedokteran Umum Internasional UI
MUHAMMAD AKBAR PRADIKTO Kedokteran Umum Internasional UI
PRATHAMA WIBISONO Kedokteran Umum Internasional UI
HADYAN ZAKI NUGRAHA Komunikasi UI
SUCI KHAIRUNISA NABBILA Kriminologi UI
INTAN PERMATA SARI KARMA Teknik Industri UI
WISMAYA ADI PURNAMA Teknik Industri UI

RESTU DWI KURNIANTO Hukum UII

YULIUS TRIATMOKO Komunikasi UMN

FITRIA SHIRLEY MELINDA MULYANTO Kedokteran Umum UMS, Solo

DINDA ROZITA MAHARANI Kedokteran Umum UNAIR
GALAN BUDI PRASETYA Kedokteran Umum UNAIR

RHEZA RAHADHITYA Akuntansi UNDIP
JALU ADI PRATOMO Hukum UNDIP
NUR MUHAMAD ARJANARDI Kedokteran Umum UNDIP

MUHAMMAD FATA ALDILLA Akuntansi Universitas Bakrie

ADAM NURACHMAD GAGAK PRANOLO Hukum UNPAD
AYUNDA SHABRIANI TYARA Psikologi UNPAD

ANDRATAMI DJAJADININGRAT Arsitek UNPAR
ANDHIRA NATANAEL ARYAGUNA Manajemen UNPAR

EKA SATRIO PUTRA Kedokteran Umum UNS
OKTI RAHMAWATI Kedokteran Umum UNS

I NGURAH ARDHI WIRATAMA Kedokteran Umum UNSOED

AGUS PUTU WILAKSANA SESA S. Yayasan Indonesia-Jerman
GABRYELLA CHRISTI GLORIA TOMBENG Yayasan Indonesia-Jerman
IGNATIUS ALEV EMILTON Yayasan Indonesia-Jerman
KRISTANTO IRAWAN PUTRA Yayasan Indonesia-Jerman
SULTAN BUSSAL LASTAZI Yayasan Indonesia-Jerman

Catatan: 122 orang..!
So schnell wie mőglich (=as soon as possible), lebih cepat lebih baik. Sekali lagi, tujuan utama pembuatan Persebaran Atmosphere per 1 Agustus 2010 ini adalah untuk persiapan SG 2011 – SG kita!

NB.
Tetap semangat buat teman-teman yang ikut SNMPTN, Tes AKPOL, Pantukhir, tes STAN, kursus bahasa, maupun yang lainnya..! Terbanglah bersama, gapailah asa, buktikan pada dunia..!

Update-Update Terbaru Data Persebaran Alumni dapat dilihat di http://kipgogreen.blogspot.com

Senin, 07 Juni 2010

Persebaran Atmosphere per 1 Agustus 2010 (Last Update 10 Juni 2010)

PERSEBARAN
Atmosphere
(Last Update 10 Juni 2010) Per 1 Agustus 2010

MUHAMMAD FATA ALDILLA Akuntansi Universitas Bakrie

ANDRATAMI DJAJADININGRAT Arsitek UNPAR

TENDY GIANTORO Bisnis Internasional UGM

IFANI AMALIA SAKTININGTYAS Farmasi UGM
NAUVAL ARRAZY ASAWIMANDA Farmasi UGM
MARIA YESI NOVIANA PUTRI SF (Sekolah Farmasi) ITB

ARIFIN AKHMAD FITB (Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian) ITB
BANGKIT ADHI NUGRAHA FITB (Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian) ITB
ANGELITA AUSSIE NURHADI FSRD (Fakultas Seni Rupa dan Desain) ITB
IMAM NUGRAHA FTI (Fakultas Teknologi Industri) ITB
NILA LAYLA MELINDA FTI (Fakultas Teknologi Industri) ITB
LUTHFI HAKIM FTMD (Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara) ITB
DERIE CAMARA EKA PUTRA FTTM (Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan) ITB
DIONISIUS SUNDORO FTI (Fakultas Teknologi Industri) ITB

REYNALDO KRISSANCHA AZARYA Hubungan Internasional UGM

ADAM NURACHMAD GAGAK PRANOLO Hukum UNPAD
RESTU DWI KURNIANTO Hukum UII
KEVIN DENOWASYAH WIDYAPUTRA Hukum UI
NADIA SEKARSARI ANINDYATI Hukum UI
PUSPASARI NURMALADEWI Hukum UI
ESA PRATAMA PUTRA DAELI Hukum UGM
PINKADELA MASHITTA Hukum Internasional UGM
VIERNA TASYA WENSATAMA Hukum Internasional UGM

DANTE FACHRUL BARCENANDI Ilmu Ekonomi UGM
TRAHEKA ERDYAS BIMANATYA Ilmu Ekonomi UGM

GERRY ANGGACIPTA Ilmu Komputer (Computer Science) NTU

FERRY ELHAS Kedokteran Gigi UGM
STELLA ADVENA ANINDITA Kedokteran Gigi UGM

NURDYSA DILIANA PUTRI Kedokteran Hewan UGM

I NGURAH ARDHI WIRATAMA Kedokteran Umum UNSOED
EKA SATRIO PUTRA Kedokteran Umum UNS
OKTI RAHMAWATI Kedokteran Umum UNS
NUR MUHAMAD ARJANARDI Kedokteran Umum UNDIP
DINDA ROZITA MAHARANI Kedokteran Umum UNAIR
FITRIA SHIRLEY MELINDA MULYANTO Kedokteran Umum UMS, Solo
IKHWANULIMAN PUTERA Kedokteran Umum UI
AGUNG HARTOKO Kedokteran Umum UGM
DANANG SETIA BUDI Kedokteran Umum UGM
ERYNA AYU NUGRA DESITA Kedokteran Umum UGM
GALIH PRASETYA SAKADEWA Kedokteran Umum UGM
GHAZA MONTHY AMOS Kedokteran Umum UGM
PRAMANA PANANJA PUTRA Kedokteran Umum UGM
FEKHAZA ALFARISSI Kedokteran Umum Internasional UI
MUHAMMAD AKBAR PRADIKTO Kedokteran Umum Internasional UI
PRATHAMA WIBISONO Kedokteran Umum Internasional UI
CAMELIA PONDRA DEWANTARIE Kedokteran Umum Internasional UGM
FARIZ AFRISTYA PUTRA Kedokteran Umum Internasional UGM
HELMY SURYA H. Kedokteran Umum Internasional UGM
MARVIN GIANTORO Kedokteran Umum Internasional UGM

YULIUS TRIATMOKO Komunikasi UMN
ANNISA FEBRIANASARI Komunikasi UGM

SUCI KHAIRUNISA NABBILA Kriminologi UI

AYUNDA SHABRIANI TYARA Psikologi UNPAD

HANNY AQMARINA SBM (Sekolah Bisnis dan Manajemen) ITB

PAULUS ANITYO PRABOWO Sistem Informasi BINUS

MAULANA RIZKY HARDIANTO STEI (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika) ITB
MUHAMMAD FAJAR KURNIAWAN STEI (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika) ITB
RIYANDA ANGGARA PUTRA STEI (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika) ITB
WIDYA AGENG SETYO TUTUKO Electrical Engineering (Teknik Elektro) NTU

GUINANDRA LUTHFAN JATIKUSUMO Teknik (Engineering) Australia National University

INTAN PERMATA SARI KARMA Teknik Industri UI
MUHAMMAD AUDI YUSUF Teknik Industri UGM
WISMAYA ADI PURNAMA Teknik Industri UI

ESA ANNAS ARRAKHMAN Teknik Kimia UGM
MOCHAMAD FADEL RAHMAN Teknik Kimia UGM

RANGGA DWI ANGGONO Teknik Mesin UGM

AWIDIA ESWANDARI JUWITA Teknik Metalurgi ITB
MUHAMMAD IKHWANTO Teknik Metalurgi ITB

THOMSON DELON Teknik Sipil (Civil Engineering) INTI University College, Malaysia

BESTARI AZAM MALIK Teknologi Pangan UGM

AGUS PUTU WILAKSANA SESA S. Yayasan Indonesia-Jerman
GABRYELLA CHRISTI GLORIA TOMBENG Yayasan Indonesia-Jerman
IGNATIUS ALEV EMILTON Yayasan Indonesia-Jerman
KRISTANTO IRAWAN PUTRA Yayasan Indonesia-Jerman
SULTAN BUSSAL LASTAZI Yayasan Indonesia-Jerman

ARIEF MOCHAMAD DHARMAWAN STEM
FERRY BUDI SENTOSA STEM
HENDRY PRAMUDIPTA SUMASA PUTRA STEM
INDRA PRADITYA STEM
M FATAH YASIN STEM
SAIFUL ARIFIN WAHYU WIBOWO STEM
TIKA RIANNA ISWARDHANI STEM
AULIA DWI AYU PALUPI STEM

IRFAN DHANY YAFFA SEMBIRING Euro Management

Catatan:
1. Data tersebut diperoleh dari message yang dikirimkan ke FB saya (Kristanto Irawan Putra) atau SMS ke nomor 08156564747 sampai dengan hari Kamis, 10 Juni 2010 pukul 18.00 WIB. (85 orang)
2. Permohonan maaf buat teman-teman yang AKMIL-AKPOL karena belum bisa ditulis dalam data tersebut.
3. Buat teman-teman yang
• Belum mengirimkan data keberadaan dirinya per 1 Agustus 2010, atau
• Merasa terdapat kekeliruan dalam penulisan data keberadaan dirinya per 1 Agustus 2010, atau
• Mengetahui informasi akurat tentang keberadaan teman-teman yang belum tercantum data dirinya di atas per 1 Agustus 2010
dapat segera menghubungi saya 1)via message ke FB Kristanto Irawan Putra atau 2)SMS ke nomor 08156564747, dengan format a)Nama, b)Jurusan, c)Akademi/Universitas.

So schnell wie mőglich (=as soon as possible), lebih cepat lebih baik. Sekali lagi, tujuan utama pembuatan Persebaran Atmosphere per 1 Agustus 2010 ini adalah untuk persiapan SG 2011 – SG kita!

NB.
Tetap semangat buat teman-teman yang ikut SNMPTN, Tes AKPOL, Pantukhir, tes STAN, kursus bahasa, maupun yang lainnya..! Terbanglah bersama, gapailah asa, buktikan pada dunia..!

Jumat, 04 Juni 2010

Mengapa harus Jakarta?


Yayasan Indonesia-Jerman sebagai tempat belajar bahasa
dan Goethe Institut sebagai tempat pengayaannya..!
Studienkolleg WS 2010!

Belajar Bahasa Jerman - 8

Achte – am Freitag, vierten Juni zweitausendzehn
(Kedelapan – pada hari Jumat, 4 Juni 2010)
Plural (Bentuk Jamak)
r, Kuli, -s  der Kuli, die Kulis
e, Blume, -n  die Blume, die Blumen
s, Bild, -er  das Bild, die Bilder
usw. (und so weiter = dan lain-lain)
Identik dengan bahasa Inggris, jika book adalah sebuah buku, books adalah bentuk jamaknya.
Artikel yang digunakan untuk bentuk plural selalu die. (pada kasus Nominativ) Akan tetapi, akhirannya (Endungen) tidaklah paten, tetapi spesifik, tergantung dari kata bendanya masing-masing. Lihat di Kamus Jerman – Indonesia. Bukan untuk dihafal. Bisa karena biasa.
Rekomendasi Kamus Jerman – Indonesia
 Deutsch – Indonesisches Wőrterbuch, Adolf Heuken SJ, PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta

Dativ (Sebagai Objek Penyerta)
 ich -> mir
 du -> dir
 er -> ihm ein -> einem
 sie -> ihr eine -> einer
 es -> ihm ein -> einem
 wir -> uns
 Sie/sie -> Ihnen/ihnen die (pl.) -> den …+n
 ihr -> euch
Berbeda dengan bahasa Inggris, bahasa Jerman memiliki kata ganti orang sebagai objek penyerta (Dativ).
Zum Beispiel (Sebagai Contoh)
1. Ich kaufe ihr die Blumen. (Saya membelikan dia perempuan bunga)
 Pada kasus ini, ihr berfungsi sebagai objek dativ, die Blumen sebagai objek akkusativ.
2. Das Kind nehmen seinem Vater eine Zeitung.
(Anak itu mengambilkan ayahnya sebuah koran)

Belajar Bahasa Jerman - 7

Siebte – am Donnerstag, zwanzigsten Mai zweitausendzehn
(Ketujuh – pada hari Kamis, 20 Mei 2010)
Die Länder, Bewohner, und Sprachen (Negara, Warga Negara, dan Bahasa)
1. Fabio Cannavaro kommt aus Italien. Er ist Italiener. Seine Muttersprache ist Itanienisch.
2. Aus Spanien kommt David Villa. Er ist Spanier. Seine Muttersprache ist Spanisch.
3. Michael Ballack kommt aus Deutschland. Deutscher ist er. Seine Muttersprache ist Deutsch.
4. Zinedine Zidane kommt aus Frankreich. Er ist Franzose. Franzősisch ist seine Muttersprache
Ősterreich/Ősterreicher/Deutsch (Austria) (Swedia) Schweden/Schweder/Schwedisch
Griechenland/Grieche/Griechisch (Yunani) (Canada) Canada/Canadier/Englisch
Tűrkei/Tűrke/Tűrkisch (Turki) (Rusia) Russland/Russse/Russisch
Australien/Australier/Englisch (Australia) (Mesir) Ägypt/ Ägypter/Arabisch

Die Tage
der Montag, Dienstag, Mittwoch, Donnerstag, Freitag, Samstag/Sonnabend, und Sonntag
(Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu)

Die Monate
der Januar, Februar, März, April, Mai, Juni, Juli, August, September, Oktober, November, und Dezember
(Januari, Februari, Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, November, dan Desember)

der Frűhling, Sommer, Herbst, und Winter (Musim Semi, Panas, Gugur, dan Salju)
die Trockenzeit und Regenzeit (Musim Kemarau dan Hujan)

Selasa, 01 Juni 2010

Hijau itu Menyejukkan, Kawan

Hijau itu Menyejukkan, Kawan

“… atau mungkin alam enggan bersahabat dengan kita, coba kita bertanya pada rumput yang bergoyang”, demikianlah bunyi sepenggal syair lagu Berita pada Kawan yang dipopulerkan oleh Ebiet. Lagu itu seakan terus mengiringi perjalanan bangsa Indonesia yang dilanda bencana sejak kejadian Tsunami Aceh tahun 2004 hingga kini.

Bencana yang melanda di berbagai belahan dunia saat ini terjadi bukan tanpa sebab. Ya, pemanasan global bukanlah isu belaka. Ketidakteraturan iklim dan cuaca, peningkatan suhu di permukaan Bumi, dan kenaikan permukaan air laut menjadi bukti dari fenomena alam ini. Apabila tak ditanggapi dengan serius, pemanasan global ini akan tentu berdampak fatal terhadap eksistensi makhluk hidup di Bumi. Misalnya, ketidakteraturan iklim dan cuaca. Melesetnya perkiraan waktu perubahan musim telah mengakibatkan kegagalan panen di sejumlah wilayah di tanah air. Akhirnya, yang terjadi akan sesuai dengan teori rantai makanan pada pelajaran Biologi, “Jika tumbuhan sebagai produsen telah mati, hewan dan manusia sebagai konsumen-konsumen berikutnya juga akan ikut mati”

Lantas, apa sebenarnya penyebab terjadinya pemanasan global ini? Efek rumah kaca. Hati-hati, efek rumah kaca bukanlah efek yang ditimbulkan oleh menara/gedung bertingkat yang memiliki dinding kaca, melainkan efek gas-gas di udara yang menyebabkan terperangkapnya panas di permukaan Bumi, yaitu gas karbondioksida (CO2) dan metana (CH4). Dalam jumlah kecil, gas-gas tersebut memang dibutuhkan Bumi supaya permukaan Bumi tetap hangat terjaga. Akan tetapi, dalam jumlah besar, gas-gas ini amat merugikan sebab panas sinar matahari yang dipantulkan oleh permukaan Bumi tidak akan terpantul ke luar lagi, tetapi akan tetap terkurung di permukaan Bumi.

Sebagai makhluk penghuni Bumi, mau tidak mau manusia harus berperang melawan pemanasan global. Pelestarian lingkungan atau go green adalah caranya. Seluruh lapisan masyarakat dapat memberi andil dalam pelestarian lingkungan ini. Pemerintah mengupayakan berbagai gerakan penghijauan dengan penanaman sejuta pohon. Kaum cendekiawan mungkin tengah berupaya melakukan riset untuk mengatasi hal ini. Kaum masyarakat awam? Jangan dikira kaum ini tidak bisa berbuat apa-apa. Kalau pelestarian lingkungan hanya dimaknai sebagai suatu proyek, hasil yang didapat tidak akan pernah maksimal sebab tidak ada kontinyuitas. Oleh karena itu, yang terbaik adalah memaknai pelestarian lingkungan sebagai sebuah kebiasaan hidup.

Identik dengan kata-kata motivator tenar di dunia, ”Mengubah keadaan dimulai dengan mengubah diri Anda sendiri”, kebiasaan-kebiasaan yang selama ini kita lakukan perlu kita tinjau ulang. Dimulai dari bangun pagi. Mengandalkan penerangan dari sinar matahari dengan mematikan lampu dari pagi hingga sore hari adalah kebiasaan hidup hijau. Matikan pula alat-alat elekronik lainnya yang tidak sedang digunakan.

Berikutnya, adalah mengenai apa yang kita makan. Setelah diteliti, peternakan ternyata adalah penyumbang emisi gas CH4 terbanyak. Hiromi Shinya, seorang guru besar kedokteran di Amerika, dalam bukunya “The Miracle Enzyme” bahkan menyebutkan, konsumsi daging sehari-hari cukup 15% dari keseluruhan konsumsi makanan kita. Sayur-sayuran dan buah-buahan harus lebih kita prioritaskan sebagai menu makanan sehari-hari, sebab bermanfaat baik bagi tubuh, dengan banyaknya enzim yang dikandungnya. Tidak selalu harus menjadi vegetarian, cukup kurangi konsumsi daging Anda sampai 15%, dan Anda akan menjadi pahlawan bagi Bumi.

Kebiasaan berikutnya adalah di bidang transportasi. Bepergian untuk jarak dekat dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Untuk jarak menengah, sepeda adalah alternatif yang baik. Selain bebas polusi, sepeda akan menyehatkan Anda. Bila jarak cukup jauh, menaiki angkutan umum adalah pilihan terbaik. Kemacetan di jalan yang sering dialami oleh masyarakat kota besar sebenarnya terjadi karena berlimpahnya jumlah kendaraan yang ada. Bayangkan apabila seluruh orang yang bepergian dalam jarak jauh mau menggunakan angkutan umum. Kelancaran, keteraturan, dan udara yang sejuk akan kita dapatkan. Jangan tunggu lagi, Anda bisa memulainya dari sekarang.

Kebiasaan lainnya misalnya adalah dengan menanam tanaman di sekitar rumah. Manusia harus bisa mawas diri. Sampai saat ini, satu-satunya alat tercanggih yang mampu mengurangi emisi karbon di udara adalah tumbuhan hijau. Ia menyerap karbondioksida di udara untuk proses fotosintesis dan menghasilkan oksigen (O2) yang dibutuhkan oleh seluruh makhluk hidup untuk bernapas. Tidak ada pilihan lain, eksistensi tumbuhan hijau di Bumi ini memang harus diperhitungkan. Keegoisan manusia untuk menguasai seluruh Bumi dengan gedung dan bangunan hendaknya diredam. Dengan kepadatan penduduk yang ada, manusia semestinya juga harus memadati kota dengan tumbuhan hijau. Darimanakah oksigen itu berasal selain dari tumbuhan hijau?

Masih banyak lagi kebiasaan hidup hijau lainnya yang bisa kita temukan. Cermati kembali kebiasaan-kebiasaan kita dan aplikasikan pengetahuan akan cara hidup hijau itu ke dalamnya. Mari berperang melawan pemanasan global! Hijau itu menyejukkan, kawan!


Artikel ini ditulis untuk mengikuti Lomba Artikel Ilmiah IATMI 2010.
Ada kesalahan di dalam gadget ini